Menikmati Kuliner Khas Banjarmasin di Rumah Banjar Garden Resto Solo


Menikmati Kuliner Khas Banjarmasin di Rumah Banjar Garden Resto Solo - Halo Semua. Apa kabar? Semoga dalam keadaan baik ya, Aamiin 😇. Kali ini aku mau kasih info kuliner terbaru. Sebenernya sih bukan restonya yang baru. Tapi, akan ada menu baru yang akan segera launching pada hari jumat esok tanggal 25 September 2020. 

Nama restonya adalah Rumah Banjar Garden Resto. Letaknya ada di Jalan Basuki Rahmat No 54 Solo. Aku kesini karena diundang oleh salah satu petinggi akun kuliner Solo 😁. Jadi, rumah banjar ini ingin mengenalkan beberapa menu barunya dan menyuruh aku dan admin kuliner lainnya untuk mencicip serta memberi testimoni. 

Sebelum aku bahas menu apa aja yang akan segera launching, yuk kita lihat-lihat view dari Rumah Banjar Garden Resto Solo.

Rumah Banjar Garden Resto 


Resto ini terletak di dalam gang alias bukan di pinggir jalan. Untuk menuju kesini kalian bisa menggunakan google maps. Tempatnya lumayan luas. Bangunannya seperti rumah pada umumnya yang memiliki taman di depan rumah. 

Resto ini menghadirkan menu masakan khas Banjar Kalimantan. Gak cuma menu makanan khas banjar kok, ada menu lainnya yang bisa kalian pilih. 

View Rumah Banjar Garden Resto Solo

Konsep resto ini adalah garden dan outdoor. Kalau lagi musim angin kenceng kayak gini, enak banget buat berlama-lama disini. Di setiap tempat duduk ada pohon serta pot tanaman kecil yang semakin mempercantik tampilan resto ini. 





Ah ya, karena sedang corona, setiap kursi di beri tanda silang, mengikuti protokol kesehatan yaitu dengan jaga jarak. Selain itu juga, resto ini cocok banget dijadikan  tempat prewedding atau acara nikahan. Karena garden dari resto ini sangat cantik. 

Bagi kalian yang bawa anak kecil. Jangan khawatir, karena tersedia area permainan untuk anak-anak loh. Ada perosotan mini, puzzle dan masih banyak lagi. 

Baca juga:Blenger Chinese Food Super Solo: Porsi Melimpah, Rasa Mantap!

Selain itu juga, ada mushola serta toilet yang bersih. Serta westafel yang ada di setiap sudut area tempat duduk. Bagi kalian yang ingin sambil main laptop mengerjakan pekerjaan, bisa banget loh, karena terdapat Wi-fi di resto ini. 

Setelah kita melihat view resto ini, sekarang kita lihat yuk ada menu apa saja disini. 

Menu Rumah Banjar Garden Resto

Seperti yang sudah aku jelaskan di atas, kalau resto ini menghadirkan menu masakan khas Banjar. Menu yang  rekomend disini ada Soto Banjar, Sate Banjar, Lontong Sayur Banjar dan Sop Balmud. Berikut aku kasih lihat beberapa menu serta harga yang terdapat di Rumah Banjar Garden Resto Solo






Menu Yang Di Pesan

Setelah melihat lihat isi daftar menu, kalian pasti penasaran deh sama menu apa aja sih yang aku pesan disini. Aku pesan dua menu makanan khas Banjar. Yaitu ada menu Paket 2 dan Paket 4.

Paket 2 terdiri dari Soto Banjar + Sate Banjar + Es Tea (39.000). Paket 4 terdiri dari Nasi Kuning Banjar + Ayam Habang + Es Tea (23.000). Berikut tampilannya ya. 

Paket 2 (Soto Banjar + Sate Banjar) 


Soto Banjar ini isianya ada suiran ayam, telur rebus, lontong, kentang rebus dan bihun. Kuahnya gak terlalu gurih cenderung soft rasanya. Rasa kuahnya tuh enak sekaligus unik. Unik karena aku belum pernah merasakan rasa kuah soto lain yang rasanya seperti soto banjar ini. 

Warna kuah sotonya putih, tapi gak bening. Pokoknya Soto Banjar ini beda banget sama Soto bening Boyolali, Soto Betawi, ataupun Soto lamongan. Ini adalah pertama kalinya aku mencoba makan Soto Banjar ❤. 

Baca juga:Anita Garden Solo, Cafe Bernuansa Taman yang Instagrammable

Sate Banjar


Untuk sate Banjar ini sih gak ada yang beda dengan sate ayam pada umumnya. Sate Banjar ini menggunakan daging ayam dengan sambal kacang yang ditambahkan kecap, irisan cabe dan bawang merah. Potongan satenya tuh tebel dan besar loh. Ngenyangin banget pokoknya. 

Paket 4 ( Nasi Kuning Banjar + Ayam Habang) 


Nasi kuning Banjar pada umumnya sama sih dengan nasi kuning lainnya. Diberi tambahan topping tempe orek kering dan mie goreng serta sambal goreng. Rasanya enak dan porsinta juga pas gak terlalu sedikit dan gak terlalu banyak 🤤. 

Yang menarik perhatian adalah Ayam Habang. Ayam habang alias bumbu merah merupakan bumbu yang umum digunakan untuk berbagai masakan di Banjarmasin. Warnanya merah kecokelatan gitu. Walaupun namanya Habang (merah dalam bahasa banjar) tapi bukan berarti ayam ini menjadi ayam balado loh ya 😅.

Kalau dimasak balado kan warnanya jadi merah menyala karena menggunakan cabai merah. Kalau ayam habang ini menggunakan cabai merah dan juga menggunakan gula merah dan santan. Untuk rasanya enak parah. Rasanya seperti menjadi iron man *canda gaes* 😅😅

Rasanya kayak rendang gitu. Tapi ini lebih soft daripada rendang rasanya. Duhh bingung jelasinnya 😁✌Pokoknya kalian harus coba sendiri deh 🤭. 

Menu Baru Chicken at Garden 

Selanjutnya aku mau kasih tau menu baru dari Rumah Banjar Garden Resto yaitu Chicken at Garden. Apa sih Chicken at Garden? Jadi ini adalah menu ayam yang dikreasikan dengan banyak jenis sauce dan sambal. Rencananya menu Chicken at Garden ini akan hadir pada hari jumat besok tanggal 25 September 2020. Berikut beberapa menu baru yang akan hadir di Rumah Banjar Garden Resto. 

1. Fried Chicken 

Ini adalah Ayam Goreng Crispy dengan Sauce Super Spicy. Gak cuma sauce spicy loh, tapi ada beberapa pilihan sauce seperti cheese sauce, BBQ, blackpaper dan mercon. Kalau gak suka pedas ada original juga loh 🤤. 



2. Chicken Wings BBQ

Ini adalah varian sayap ayam dengan pilihan sauce seperti Fried Chicken sebelumnya. Tinggal kalian pilih aja yang menjadi kesukaan kalian 👌. 

Baca juga: Sei Sapi Kana, Kuliner Lezat Khas NTT Hadir di Solo

3. Burger 


Ada burger juga loh ternyata. Dan ini adalah Cheese Burger. Burger dengan isian sayuran, chicken fillet crispy dan sauce keju yang melimpah ❤😍. Buat penggemar keju pasti suka banget deh sama menu ini 🤭. Ah ya, ada french friesnya juga loh, komplit pokoknya dalam satu piring. 

4. Rice Bowl 

Nasi putih dengan potongan chicken fillet crispy serta sayuran yang di sajikan di mangkok. Pilihan sauce nya sama ya gaes dengan sebelumnya 😁. 

5. Chicken Dreams


The last menu is Chicken Dream. Isinya ada potongan ayam fillet crispy, french fries dan sayuran. Tak lupa juga, disajikan dengan pilihan sauce yang sama seperti yang aku sebutkan diatas. Wagelaseh menu di Resto ini banyak banget. Dijamin kalian bakalan pusing mau pilih menu apa. Pokoknya kalian harus banget kesini. Tempatnya enak, adem, dan harganya bersahabat. 

Oh ya, untuk kalian yang sedang berpuasa sunnah senin & kamis bisa datang kesini ya. Dengan menunjukkan kartu pelajar & mahasiswa, kalian bisa mendapatkan menu gratis untuk berbuka puasa. Keren ya, semoga resto ini berkah selalu 😇. 

Tapi ada minusnya dikit sih. Yaitu area parkirnya yang minim. Hanya bisa untuk menampung motor saja. Kalau mobil sepertinya gak muat deh. Palingan cuma cukup 3 mobil saja. Mungkin bisa disiasati dengan memarkirkan mobil di luar resto 🤭. 

Okedeh sekian dulu info kuliner dari aku. Semoga bermanfaat untuk kalian semua yang sedang mencari info kuliner khas Banjar. 

Dadaaah ❤. 


Rumah Banjar Garden Resto
Jalan Basuki Rahmat No.54, Jajar,
Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57144
(0271) 7462100