Sei Sapi Kana, Kuliner Lezat Khas NTT Hadir di Solo


Sei Sapi Kana, Kuliner Lezat Khas NTT Hadir di Solo - Halo semua. Apa kabar? Semoga dalam keadaan baik ya, Aamiin 😇. Nahh sekarang kita kulineran yuk. Etapi, aku mau kasih info kulineran yang beda nih. Karena yang mau aku bahas adalah kuliner khas provinsi Kupang (NTT).

Jauh ya 😁. Kenapa aku mau bahas kuliner yang satu ini? Karena makanan ini lagi Nge-hits banget dan hampir di setiap kota ada cabangnya loh 😍.

Se'i Sapi Kana

Kalian pasti penasaran dong sama nama makanannya apa. Nah, namanya adalah Sei Sapi Kana. Makanan ini khas Kupang. Se'i sendiri artinya adalah daging yang diiris tipis lalu diberi bumbu khas. Kemudian di asap selama kurang lebih 6-8 jam. Lama banget ya prosesnya. 

Nah kalau di tempat asalnya di Kupang, se'i ini menggunakan daging babi. Tapi tenang aja, untuk se'i sapi kana ini menggunakan daging sapi dan ayam kok 👍. 

Sebelum menggunakan daging babi, masyakarat dahulunya menggunakan daging rusa. Karena rusa langka dan dilindungi maka digantikan dengan daging babi. 

Ini beda ya dengan daging asap. Karena proses pengasapan untuk se'i ini menggunakan kayu pohon Kosambi. Nah, daun Kosambi ini dijadikan sebagai penutup yang menutupi daging yang sedang di asap agar lebih meresap. Tapi aku kurang tau sih ya untuk se'i sapi kana ini apakah metode pengasapannya menggunakan kayu Kosambi juga atau engga 😁. 

Baca juga:Yoshi Sushi Spesialis Menu Sushi Terenak di Solo

Se'i sapi ini tersebar di berbagai kota dengan beda nama tempatnya seperti Sei Sapi Marase (Bandung), Se'i Sapi Narama (Jakarta), Se'i Sapi Mamtua (Malang) serta Se'i Sapi Kana yang terdapat di Jabodetabek, Jogja, Semarang, Solo, dan Klaten. Paling banyak cabangnya yaitu Se'i Sapi Kana. Sebagai warga Boyolali yang gak mau ketinggalan euforia dari makanan ini, langsung cus dong ke Solo 😁. 

View Se'i Sapi Kana Solo

Sekarang resto Se'i Sapi Kana sudah ada di Solo. Tepatnya ada di Jl. Kapten Mulyadi No.170B, Ps. Kliwon. Tempatnya luas banget kalau menurutku sih. Entah bangunan ini dulunya bekas apa, tapi yang jelas ketika masuk kedalam terdapat beberapa  ruangan seperti bekas kamar rumah sakit sih. 








Dilengkapi dengan wastafel dan AC yang memadai. Selain itu juga, tempat duduknya sudah diberi tanda silang yang menandakan social distancing 👍. Selain itu juga, para pegawai sudah menggunakan Face Shield jadi aman deh.

Menu Se'i Sapi Kana

Menu yang ditawarkan disini yaitu Sei Ayam, Sapi, dan Lidah. Dengan dua ukuran Reguler dan Jumbo yang bisa kalian pilih. Semua menu sudah dilengkapi dengan kuah kaldu sapi dan tumis daun pepaya. Berikut aku tampilkan menu dan harganya 👍.

Menu Yang Dipesan

Pensaran dong pastinya aku pesen apa aja 🤭. Sejujurnya aku bingung banget dalam milih menu. Karena semuanya terlihat enak. Hanya saja harus tetep mikirin harga ya 😁🤭.

Nah yang aku pesan adalah Se'i Sapi Sambal Matah (jumbo) dan Se'i Sapi Signature Sambal Lu'at. Sambal Lu'at ini adalah sambal yang terbuat dari Cabai, daun jeruk nipis dan daun siba. Daun siba ini bisa diganti dengan kemangi.

Baca juga:Kulawa Coffe, Toast dan Kopi Hits di Solo

Ini adalah sambal khas NTT ya gaes. Sambal ini selalu ada di setiap menu masakan. Sama kayak kita disini kalau makan gak pakai sambel terasa kurang 😁 dan berikut foto-foto menu yang kupesan. 


Di sajikan dengan piring memanjang berisi daging se'i, sambal, dan tumis daun pepaya. Kuah kaldu nya di sajikan terpisah di mangkok kecil. Porsinya sedikit 😁 padahal aku mesennya yang jumbo loh. Yah, namanya juga menu daging sih ya, pasti sedikit. Kalau banyak bangkrut nanti restonya 🤭. 

Untuk cara makannya sih seenaknya kalian aja. Kalau aku caranya tuh tuang semua lauk ke piring yang berisi nasi. Setiap makan nasi dan lauknya, juga sambil menyeruput kuah kaldunya. Kalau bojoku sih, kuah kaldunya di siram ke atas nasi dan dimakan bersamaan. Mau gimanapun gaya makannya tetep enak pokoknya 😍.


Aroma asap dari dagingnya benar-benar terasa banget 👍. Rasanya enak banget 🤤. Potongannya tipis jadi lebih empuk dan mudah di kunyah. Apalagi untuk orang kayak aku yang punya gigi berlubang dimana mana, jadi lebih nyaman saat mengunyah 🤭.

Lalu lanjut ke sambalnya Lu'at nya. Sambelnya ini gak pake bawang loh, jadi cuma pake cabe rawit, perasan jeruk nipis dan potongan daun jeruk. Rasanya asem pedes kecut nikmat 🤤.

Tumis daun pepayanya enak banget gaes. Aku gak suka sama daun pepaya karena pahit, tapi disini engga loh. Paitnya tuh sedikit banget dan gurih malahan. Aku nagih banget sih sama tumis daun pepaya se'i sapi kana ini 👍. Terkahir kuah kaldunya juga juara banget. Seger dan gak eneg sama sekali loh 😍. Ibaratnya nih ya, makan nasi pake kuah itu doang tanpa se'i nya juga udah mantep banget 😁.

Gimana? Kalian mau cobain gak? Nyesel loh kalau gak cobain. Karena makanan ini lagi hits banget 😁. Untuk harga sangat worth it sih  dengan rasa daging yang seenak ini. Ah ya, aku juga bungkus 1 untuk orang rumah loh 😋. 

Oke sekian dulu info kulineran dari aku. Semoga bisa menginspirasi kalian dalam mencari kuliner yang enak dan nge-hits hehehe 😀

Dadaaahh 🥰


Sei Sapi Kana
Jalan Kapten Mulyadi No.170B, Pasar Kliwon, Kec. Pasar Kliwon,
Kota Surakarta, Jawa Tengah
Anda mungkin suka:Banyu Mili Resto dan Cafe, Sajikan Makan Lezat dengan Keindahan Tawangmangu