Menggali Kesunyian di Azana Green Resort Pracimantoro Wonogiri


Menggali Kesunyian di Azana Green Resort Pracimantoro Wonogiri – Halo Pembaca Kisah Foto Blog aka KFB! Apa kabar? Semoga baik-baik saja dan selalu bahagia ya… Pada posting kali ini KFB mau berbagi cerita soal pengalaman menginap di hotel Azana Green Resort yang berlokasi di Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Jadi ceritanya minggu kemarin KFB dan istri sepakat untuk main ke pantai sebelum memasuki musim hujan. Setelah melalui diskusi panjang kali lebar sama dengan luas, hehehe…😝 KFB akhirnya menentukan tujuannya, yakni pantai Nampu yang berlokasi di Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri.

Kali ini istri pengen nginep, soalnya perjalanan ke pantai kan lumayan jauh… Pengalaman dulu KFB bersama istri main ke pantai Klayar, Pacitan dan nggak pakai nginep, sampai rumah teler dan badan ambyar hahahaha…😅 Maklumlah, kami biasa menjelajah menggunakan sepeda motor hehehe… Akhirnya KFB memutuskan untuk menginap di Azana Green Resort. KFB awalnya agak kaget, kok di Wonogiri ada ya resort sekelas Azana Green Resort yang ternyata keren bingits? Resort yang mengusung tema Artventure ini menawarkan suasana yang sunyi nan asri, fasilitas yang lengkap, dan tentunya harga yang kompetitif. Penasaran? Simak ulasan review Azana Green Resort oleh Kisah Foto Blog kali ini!


Perjalanan ke Wonogiri

Meskipun masih masuk provinsi Jawa Tengah, pantai Nampu ini lokasinya cukup jauh dari rumah KFB di Boyolali kota. Menurut Google Maps, jaraknya sekitar 115km, lumayan kan? Hehehehe… Malam hari KFB dan istri udah packing barang-barang yang bakal dibawa dan tentu saja baju ganti buat menginap di Azana Green Resort hehehe… Biasanya sih persiapan ke pantai itu dadakan bisa, tetapi berhubung ini nginep yang musti lebih awal biar nggak buru-buru dan nggak ada yang ketinggalan.

Pagi hari sekitar jam 8 KFB udah manasin si gembul Aerox 155 untuk menempuh perjalanan ke pantai Nampu Wonogiri. KFB memilih jalur Boyolali – Klaten – Cawas – Manyaran – Eromoko – Pracimantoro dan akhirnya tembus ke Paranggupito, sebuah Kecamatan tempat pantai-pantai Wonogiri berada. Selama perjalanan, istri suka heran dengan jalanan yang halus mulus sejak dari Boyolali hingga pantai Nampu… Maklum, planet Kabupaten Bekasi tempat asal istri saya itu jalanan banyak yang ambyar seperti penggemar Lord Didi Kempot hehehe…🤣🤣🤣
Baca juga:Solo Kopi, Tempat Nongkrong Asik dan Cozy



Sekitar pukul 11.30 KFB sudah mendarat dengan selamat di Pantai Nampu dan kami menghabiskan waktu di sana hingga pukul 13.30. Penasaran kayak gimana? Nanti deh kalau pas longgar dan selow, KFB bakal berbagi cerita piknik di pantai Nampu yang indah ini hehehehe… Setelah dari pantai, kami langsung menuju hotel Azana Green Resort yang berada kurang lebih 30km dari pantai dan masuk wilayah Kecamatan Pracimantoro.

Nggak nyangka juga, jalan menuju Azana Green Resort ini naik turun kayak harga sembako wkwkwkw… Lokasi Azana Green Resort ini ternyata gak jauh dari kota Pracimantoro, yah mungkin 3 – 4km lah… Namun, justru itu jadi kelebihannya! Resort satu ini begitu asri dan tenang!

Konsep Artventure yang Diusung Azana Green Resort






Sekitar jam 3 sore, KFB dan istri sampai di Azana Green Resort Pracimantoro! Nggak nyangka aja di tengah pegunungan kapur atau karst yang sunyi dan gersang, ada hotel berkonsep resort secakep Azana Green Resort Pracimantoro! Kami segera menuju lobby resepsionis untuk check in. Bangunan lobby Azana Green Resort ini menggunakan arsitektur joglo klasik khas rumah-rumah tradisional Jawa kuni, unik banget genks! Berhubung saat bersamaan ada tamu lain yang sedang check in juga, KFB memutuskan duduk di kursi lobby yang terbuat dari kayu yang makin menguatkan aura klasiknya.

Sambil menanti giliran check in, Kisah Foto Blog berkesempatan untuk ngobrol dengan Pak Fauzi Ardian selaku GM Azana Green Resort Pracimantoro. KFB sempat berbincang-bincang ngalor ngidul mengenai wisata di Wonogiri dan konsep hotel Azana Green Resort. Menurut beliau, wisata di Wonogiri ini mulai menggeliat meski belum menjadi prioritas pemerintah setempat. Walau demikian, infrastruktur berupa jalan menuju wisata pantai Nampu dan mungkin juga pantai lainnya udah cukup bagus.

Kisah Foto Blog sempat menanyakan konsep dan pengembangan hotel Azana Green Resort ini… Sesuai namanya, beliau mengatakan bahwa Azana Green Resort ini mengusung konsep green resort yang mengandalkan suasana yang asri, tenang, dan terasa menyatu dengan alam sekitar pegunungan kapur khas Wonogiri. Ini terlihat dari wilayah sekitar Azana Green Resort yang ditumbuhi tanaman hijau yang sejuk danbegitu asri. Area sekitar resort juga terdapat banyak tumbuhan hijau yang membuat penghuninya merasa rileks dan nyaman.
Baca juga:Thee Kultur Solo, Tempat Nongkrong Asik dan Makan Enak
Lalu bagaimana bisa Azana Green Resort bertahan di lokasi yang bisa dikatakan cukup sepi? Pak Fauzi menambahkan bahwa Azana Green Resort ini dekat dengan wisata-wisata andalan Wonogiri seperti pegunungan kapur, museum karst, dan tak terlalu jauh dari pantai. Selain itu, Pak Fauzi juga menambahkan bahwa Azana Green Resort mengusung konsep Artventure yang menggabungkan seni dan petualangan di alam bebas sebagai daya tariknya.

Azana Green Resort memiliki program wisata yang cukup menarik yang berhubungan dengan petualangan di alam bebas, seperti treking pegunungan kapur, menelusuri jejak aliran sungai Bengawan Solo Purba, dan sebagainya. Sementara untuk kesenian, Azana Green Resort menggandeng sanggar tari dan kesenian lainnya untuk mengadakan event atau acara di lokasi resort. Tak hanya itu, Pak Fauzi juga berencana mengadakan short course tari klasik Jawa di Azana Green Resort guna melestarikan kebudayaan.

Pengalaman Menginap di Azana Green Resort






Pembaca KFB pasti penasaran kan kayak gimana pengalaman menginap di Azana Green Resort kan? Tuxlin Blog dapat kamar di lantai bawah di sebuah bangunan bertingkat.. Sayang sekali ini, padahal kalau dapat lantai atas ada balkon biar view-nya lebih oke hehehe… Ya nggak papa deh, di lantai bawah juga nggak kalah asik kok hehehe… Hal yang paling menyenangkan dari menginap di Azana Green Resort adalah kita bisa parkir kendaraan baik motor atau mobil tepat di depan kamar…

Setelah mendapat kunci kamar yang berbentuk kartu seperti hotel pada umumnya, KFB langsung tancap gas dari resepsionis menuju kamar yang jaraknya cuma sekian meter saja… Deket! Hehehe… Setelah sampai, Kisah Foto Blog lihat bangunan resort yang dipakai buat nginep arsitekturnya biasa saja sih, nggak mengusung konsep jawa klasik seperti bagian resepsionis. Sekilas memang seperti bangunan bertingkat biasa. Setiap kamar di Azana Green Resort ini ada semacam teras kecil dan dilengkapi dengan dua buah kursi, lumayan buat nongki-nongki sambil ngopi hehehe…

Berhubung istri keburu capek setelah main ke pantai, KFB memutuskan untuk segera masuk kamar dan istirahat. Kamar kami berada di lantai bawah dan berhadapan dengan kebun yang ditumbuhi tanaman hijau yang asri… Sedangkan kamar di atasnya terdapat balkon yang membuat kita lebih leluasa melihat pemandangan pegunungan kapur yang eksotis. Kayak gimana sih interior kamar Azana Green Resort yang KFB tempatin? Lanjut scroll gaes…

Interior Kamar Azana Green Resort





Kayak gimana sih kamar Azana Green Resort ini? Pas pertama kali masuk kamar Azana Green Resort Pracimantoro ini, Kisah Foto Blog agak kaget karena ternyata kamarnya lumayan luas dan lega banget. Kamarnya nggak terlalu banyak ornamen sih, tapi bersih dan temboknya dicat warna krem. Ukuran kasurnya juga cukup luas, nggak tahu deh bed-nya ukuran apa… Yang jelas KFB pakai tidur bareng istri rasanya lega banget, jadi nggak ada drama perebutan wilayah pas tidur hehehe…

Ada fasilitas apa aja di kamar Azana Green Resort Pracimantoro ini? Fasilitasnya cukup lengkap kok… Ada TV LED berukuran cukup besar dengan tersambung TV kabel, sayangnya channel yang tersedia emang nggak selengkap hotel di kota. Di bawah TV terdapat meja yang memanjang dan lumayan luas, serta dilengkapi sebuah kursi, jadi enak banget buat numpang ngetik atau ngejain kerjaan pakai laptop. udah disediakan dua buah botol kecil air mineral.

Kamar di Azana Green Resort ini terdapat lemari yang cukup besar yang bisa kita manfaatkan untuk menyimpan barang atau pakaian. Kanan dan kiri kasur juga terdapat dipan yang bisa dimanfaatkan untuk menaruh ponsel atau barang lainnya. Btw, wastafel di kamar Azana Green Resort ini lumayan gede, enak banget kalau sikat gigi nggak nyiprat kemana-mana hehehe… Kamar mandi dan toiletnya juga luas, serta tersedia air panas. Untuk amenities, Azana Green Resort menyediakan dental kit dan sabun cair.
Baca juga:Soto Mie Bogor Danukusuman, Enak dan Satu-Satunya di Solo!





Kelebihan lainyang ditawarkan oleh kamar Azana Green Resort ini adalah terdapat jendela berukuran besar dengan view kebun hijau yang asri… Kaca jendela tersebut aman kok dan nggak terlihat dari luar. Kalau mau, bisa tutup gorden. Suasana yang ditawarkan saat menginap di Azana Green Resort ini sangat tenang gaes! Siang atau malam, nggak pernah terdengar suara berisik yang mengganggu… Yang terdengar hanya deru aingin dan daun yang bergesekan… Sesekali terdengar suara kicauan burung… Syahdu bangettt!

Suasana yang tenang bikin Kisah Foto Blog tidur nyenyak banget… Btw AC KFB matiin, karena udara sekitar Azana Green Resort Pracimantoro saat itu terasa sangat sejuk… Jadi nggak perlu nyalain AC deh hehehe… Paginya, ada sarapan yang diantar oleh petugas hotel. Menunya standar sih, yakni nasi goreng, telur mata sapi, kerupuk, dan mendoan, serta ditemani teh. Oiya, WiFi yang disediakan Azana Green Resort ini lumayan kenceng dan gratis lho… Asik buat kepoin orang di sosial media sambil pamer hehehe…

Fasilitas di Azana Green Resort






Fasilitas dari Azana Green Resort Pracimantoro cukup lengkap dan lahannya cukup luas, sehingga parkir nggak jadi masalah di sini. Selian itu, kita bisa parkir kendaraan tepat di depan kamar tempat menginap. Azana Green Resort ini dilengkapi sebuah resto dan kafe yang disebut dengan Limasan Cafe. Lokasi resto ini di belakang resepsionis dan mengusung arsitektur Joglo ala Jawa klasik yang keren. KFB betah banget nongkrong di kafe ini karena sepi dan udaranya pas terasa sejuk hehehe…

Sementara bagian belakang Limasan Cafe ini tersedia semacam ballroom tempat untuk rapat atau pertemuan yang mana bangunannya juga bergaya Jawa klasik. Ukuran ruangan rapat tersebut emang nggak luas banget, tapi udah lebih dari cukup untuk rapat atau mengadakan seminar di sana. Sedangkan di belakang bangunn ballroom ini, terdapat sebuah pendopo berbentuk Joglo yang asik banget buat nongkrong! Tempat inilah yang jadi favorit KFB untuk menghabiskan waktu senggang selama menginap di Azana Green Resort.





Pendopo bagian belakang Azana Green Resort ini sebenarnya multifungsi dan kadang digelar acara di situ. Saat Kisah Foto Blog ke sana pas nggak ada acara, jadi asik buat nongkrong. Di tempat itu terdapat kursi kayu yang enak banget buat santuy eh santai sambil menikmati pemandangan sekitar. Jujur aja nih gais, di sinilah view paling keren di Azana Green Resort. Kita nggak cuma duduk doang di situ, tetapi juga merasakan suasana yang tenang, sunyi, dan asri. Nggak kedengeran tuh suara mesin kendaraan dan klakson yang bikin puyeng hehehe… Cocok banget buat yang pengen refreshing.

Masih di bagian pendopo belakang Azana Green Resort, terdapat pemandangan kebun milik warga yang sangat luas dan juga terlihat rangkaian Gunung Sewu alias pegunungan kapur yang indah dan eksotis. Sekeliling pendopo tersebut terdapat taman dan rumput hijau dan ada dua becak di situ sebagai pajangan. Lumayanlah, becaknya bisa dipakai buat spot selfie hehehe… KFB duduk di kursi pendopo tersebut sambil menikmati senja biar kayak anak-anak indie hehehe… Sekalinya nongkrong di situ, berasa nggak pengen pulang hahaha… Kalau kalian suka suasana tenang, asri, dan alam… Nginep Azana Green Resort, wajib nongkrong di pendopo ini hehehe…
Baca juga:Mengunjungi Saloka Park, Wahana Wisata Terbesar Kebanggaan Jawa Tengah





Nggak cuma itu, Azana Green Resort Pracimantoro ini ternyata menyediakan fasilitas musala juga lho… Lokasinya di samping Limasan Cafe dan memang nggak terlihat, soalnya musti turun ke bawah dulu. Ukuran musalanya lumayan gede dan disekitarnya banyak pepohonan yang asri dan menyenangkan… Oiya, di bagian paling belakang dari Azana Green Resort ini terdapat kolam renang yang berkonsep infinity lho… Sayangnya, meski kolam renangnya udah jadi tapi belum bisa digunakan. Kalau udah bisa, pasti asik banget dan bisa jadi spot foto-foto keren!

Kesimpulan

Azana Green Resort ini menawarkan fasilitas yang sangat lengkap untuk penginapan berkonsep resort di daerah Pracimantoro, Wonogiri. Suasana yang sangat tenang membuatnya cocok bagi yang membutuhkan kesunyian dan refreshing sambil menikmati pemandangan alam yang hijau dan asri. Pelayanan secara umum udah bagus banget dan pegawainya ramah-ramah. Jelas, Azana Green Resort sangat laik dipertimbangkan bagi temen-temen pembaca KFB yang liburan ke Wonogiri, Jawa Tengah.

Azana Green Resort
National Rte 3, Gayam, Lebak, Pracimantoro
Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. 57664
0852-3449-4748
Anda mungkin suka:Review Front One Cabin Slamet Riyadi Solo, Budget Hotel Strategis dengan Konsep Unik