eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Mie Kopyok Mbah Waji, Kuliner Nikmat Legendaris di Jogja

Mie Kopyok Mbah Waji, Kuliner Nikmat Legendaris di Jogja - Halo Pembaca! Sebelumnya Kisah Foto Blog mengucapkan selamat tahun baru 2022! Semoga kita semua menjadi lebih baik ya 😍 Kali ini Kisah Foto Blog bakal bahas sebuah kuliner legendaris di Jogja, yakni Mie Kopyok Mbah Waji! Konon warung mie kopyok ini telah berdiri sejak 1970-an, tua banget ya? Bahkan emak dan bapak Kisah Foto Blog belum saling kenal tahun segitu wkwkwk... *apa hubungannya?* 🀣 Jadi ceritanya Kisah Foto Blog dan istri lagi di Jogja nih, staycation gitu. Trus istri iseng nyari kuliner yang unik, ketemu deh Mie Kopyok Mbah Waji ini.

Istri Kisah Foto Blog penasaran banget sama Mie Kopyok ini karena di daerah asalnya nggak ada, makanya ngebet banget pengen nyobain. Kalau Kisah Foto Blog sih pernah makan Mie Kopyok ini, soalnya zaman masih SD dulu ada yang jual deket rumah dan enak. Lalu bagaimana dengan Mie Kopyok Mbah Waji? Makanya guna mengobati rasa penasaran, kami langsung pantengin Google Maps untuk menemukan kuliner legendaris di Kota Pelajar. 🧐

Mie Kopyok Mbah Waji, Kuliner Nikmat Legendaris di Jogja


Apa Itu Mie Kopyok?

Pembaca Kisah Foto Blog pasti penasaran, apa sih sebenarnya mie kopyok itu? Berdasarkan informasi yang Kisah Foto Blog himpun, mie kopyok ini ternyata adalah kuliner khas Semarang! Mie kopyok ini biasanya berisi mie putih (bihun) yang kadang dicampur dengan mie kuning, tetelan daging, potongan tahu, dan sayuran serta disiram kuah kaldu yang lezat... *sampe ngiler nulisnya hehehe πŸ˜‹

Baca juga:Menikmati Nasi Goreng Tiwul di Gubuk Dahar Mak Yatiek Kaliurang

Kok bisa mie kopyok ada di Jogja? Mana saya tahu hehehe... Terlepas mie kopyok yang asalnya dari Semarang, tapi Mie Kopyok Mbah Waji tetap memberikan kesan dan sentuhan rasa yang berbeda. 

Legendaris, Sejak Tahun 70-an!

Mie Kopyok Mbah Waji

Kenapa Mie Kopyok Mbah Waji ini disebut sebagai salah satu kuliner legendaris di Jogja? Berdasarkan informasi yang Kisah Foto Blog himpun, warung Mie Kopyok ini sudah ada sejak tahun 1970-an. Mbah Waji sendiri kini usianya sudah 80an lebih. Di usia yang sudah sepuh, Mbah Waji masih mampu menghadirkan kuliner mie kopyok yang super lezat, hebat ya?

Pas Kisah Foto Blog sampai di warung Mie Kopyok Mbah Waji ini, ternyata lokasinya di pinggir jalan persis. Ya memang kurang nyaman sih soalnya agak sempit, apalagi kalau pengunjungnya ramai. Untungnya pas kami ke sana, pengunjung tidak terlalu ramai. Yang agak repot malah parkir motornya. Jalan di depan warung Mie Kopyok Mbah Waji cuma berupa gang yang nggak terlalu lebar, kalau motor parkir di pinggir jalan ntar repot kalau ada mobil mau lewat. 

Mie Kopyok Mbah Waji, Kuliner Nikmat Legendaris di Jogja

Mie Kopyok Mbah Waji, Kuliner Nikmat Legendaris di Jogja

Foto di atas adalah laki-laki yang sepertinya adalah suami Mbah Waji dan di bawahnya adalah Mbah Waji. Meski usianya sudah 80++, tapi semangat beliau berjualan mie kopyok masih luar biasa... Nggak kayak generasi muda sekarang, dikit-dikit mletre... wkwkwk...😝 Suami mbah waji ini turut membantu berjualan dengan mengantarkan pesanan ke meja pembeli dan membuatkan minuman Setup Jambu. 
Baca juga:Mencicipi Masakan Ala Malaysia Murah di Jogja, Ternyata Begini Rasanya?

Menikmati Mie Kopyok Mbah Waji

Mie Kopyok Mbah Waji, Kuliner Nikmat Legendaris di Jogja

Siang yang panas di warung Mie Kopyok Mbah Waji, Kisah Foto Blog memesan satu porsi mie kopyok, satu porsi kupat tahu, dan es setup jambu. Istri request ke Mbah Waji agar mie kopyoknya pedas... Mbah Waji kemudian menyiapkan cabai dan menggerusnya untuk menambah rasa pedas di mie kopyok.

Kami menunggu agak lama karena antre-nya lumayan. Beberapa pengunjung yang datang membeli mie kopyok dibungkus untuk di bawa pulang. Setelah sekitar 30 menit, makanan telah tiba di meja kami.

Mie Kopyok Mbah Waji, Kuliner Nikmat Legendaris di Jogja

Mie Kopyok Mbah Waji, Kuliner Nikmat Legendaris di Jogja

Kisah Foto Blog langsung mencicipi menu utamanya, yakni Mie Kopyok! Ternyata isi dari mie kopyok di warung Mbah Waji ini sangat lengkap, ada mie putih alias bihun, mie kuning, potongan tahu, tetelan dan daging sapi, potongan tahu, ketupat, kol, sledri, dan tak lupa taburan bawang goreng yang kian menggugah selera. 

Rasa Mie Kopyok Mbah Waji ini benar-benar istimewa menurut Kisah Foto Blog! Kuah kaldu yang berwarna kuning itu begitu lezat, gurih, dan aroma kaldunya berasa. Kuahnya juga selalu panas, jadi terasa makin segar dan nikmat. Tetelan dan daging sapi yang ada di mie kopyok juga empuk banget... Lezatnya nggak ada obat! 😍

Nah yang paling Kisah Foto Blog suka adalah mie kopyok ini benar-benar pedas! Istri sampai kaget karena biasanya di Jogja nggak banyak makanan yang pedas begini selain kuliner yang berlabel "mercon" dan "setan" hehehe... Maklum, rasa pedas tersebut berasal dari cabai rawit yang digerus dan dicampur dengan kuah, kemudian ditaruh di atas sebagai topping. Porsi mie kopyoknya juga banyak, mantap!

Baca juga:Tempo Gelato: Gelato Ngehits dan Nikmat di Yogyakarta

Mie Kopyok Mbah Waji, Kuliner Nikmat Legendaris di Jogja

Mie Kopyok Mbah Waji, Kuliner Nikmat Legendaris di Jogja

Selain mie kopyok, Kisah Foto Blog juga memesan menu Kupat Tahu. Sebenarnya kupat tahu ini adalah salah satu kuliner khas Solo yang Kisah Foto Blog suka. Eh tapi kupat tahu di warungnya Mbah Waji ini agak berbeda lho... Mulai dari isian, kuah, dan topingnya beda banget dengan kupat tahu yang Kisah Foto Blog temui di Solo.

Kupat tahu ala Mbah Waji ini isinya adalah tahu, ketupat, tauge alias tokolan, kol, dan di atasnya terdapat topping daun kemangi, serta bawang goreng. Kuah kecapnya agak encer dan rasanya unik. Ini beda jauh dengan kupat tahu Solo. Meski kupat tahu besutan Mbah Waji ini enak dan cita rasanya unik, tapi Kisah Foto Blog masih suka kupat tahu Solo hehehe... πŸ˜…

Mie Kopyok Mbah Waji, Kuliner Nikmat Legendaris di Jogja

Nah yang terkhir adalah es wedan setup jambu. Kisah Foto Blog baru denger minuman ini hehehe... Setelah Googling, ternyata wedang setup jambu ini adalah jambu yang direbus dan dicampur dengan aneka rempah, sehingga memberikan cita rasa yang unik. 

Es wedang setup di warung Mie Kopyok Mbah Waji ini rasa jambunya cukup berasa dan ada rasa jahenya juga. Seger sih, apalagi nggak terlalu manis... Bisa jadi pelepas dahaga saat panas siang hari di Jogja hehehe... 

Kalian penasaran nggak nih pengen nyobain Mie Kopyok Mbah Waji? Boleh lho mampir ke sini kalau pas lagi main di Jogja, dan rasakan kelezatannya.. Sampai di sini dulu posting kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca semua ya. πŸ™‚


Mie Kopyok Mbah Waji
Jalan Jagalan - Beji No.53, Purwokinanti,
Pakualaman, Kota Yogyakarta,
Daerah Istimewa Yogyakarta 55166
Anda mungkin suka:Nikmatnya Konro Bakar dan Sop Buntut di Gapura Resto dan Cafe Boyolali
Posting Komentar

Posting Komentar