Menikmati Nasi Goreng Tiwul di Gubuk Dahar Mak Yatiek Kaliurang


Menikmati Nasi Goreng Tiwul di Gubuk Dahar Mak Yatiek Kaliurang  - Halo Semua. Apa Kabar? Semoga dalam keadaan baik Aamiin 😇. Kulineran lagi kuy 😁. Makan teruslah pokoknya. Kegiatan yang menyenangkan untukku adalah bisa kulineran dimanapun ku berada *eaaaa 😅. 

Kali ini aku kasih info kuliner sebelah utara Jogja yaitu Kaliurang. Ngadem dikit kita ke gunung 🤭😁. Aku kesini dalam rangka mau review hotel yang ada di Kaliurang. Sekalian aja kuliner sekitarnya aku ulas 😁. Daerah kaliurang, tepatnya di area Jalan Boyong aku menemukan 1 warung makan yang terkenal dengan aneka hidangan tiwul dan menus spesialnya adalah nasi goreng tiwul.

Pada tau gak tiwul itu apa? Tiwul merupakan makanan tradisional yang banyak ditemui di daerah Jawa. Biasanya tiwul mudah ditemui di kawasan Wonogiri, Pacitan, Gunung Kidul, dan sekitarnya. Makanan tradisional ini kerap dijadikan sebagai pengganti nasi.


Terbuat dari singkong, pastinya tiwul bikin kenyang. Selain tiwul masih banyak menu makanan lainnya disini. Oh ya, nama warung makannya adalah "Gubuk Dahar Mak Yatiek".

View Gubuk Dahar Mak Yatiek


Warung makan ini terletak di Jl. Boyong, Wonorejo, Hargobinangun, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempatnya sih sepi dan gelap. Apalagi aku kesininya malam hari jadi agak serem gimana gitu 🤭😁. Gimana gak serem, warung makan ini dikelilingi oleh pohon yang tinggi gitu dengan lampu jalan yang minim. Tapi warungnya lumayan terang kok. 

Konsep warung makan ini saung yang dapat menampung orang banyak. Kalau gak mau lesehan di saung, kalian bisa memilih tempat lain karena ada tempat duduk yang bukan lesehan. Berikut view warung makannya.

Baca juga:Tempo Gelato: Gelato Ngehits dan Nikmat di Yogyakarta











Menu Gubuk Dahar Mak Yatiek



Menu yang ditawarkan disini beragam ya. Ada ayam goreng, empal daging sapi, belalang goreng, aneka sayur, soto, bakso, nasi goreng, dan aneka paket nasi tiwul. Berikut adalah menu dan harga dari Gubuk Dahar Mak Yatiek. 

Menu Yang Dipesan

Penasaran dong sama menu yang aku pesan. Karena aku kesininya bareng kakak dan suaminya. Jadi menunya agak sedikit banyak 😁. 

Aku pesan Magelangan Spesial (15k), Bakmi Jawa Rebus (15k), Tempe Mendoan (12.5k), Paket B (nasi + lele goreng + tempe goreng + sambal 10k), Nasi Goreng Tiwul Spesial (15k), Es Susu Jahe (10k) & Jeruk Panas. 

Magelangan Spesial


Magelagan ini adalah adalah menu perpaduan dari nasi goreng dan mie goreng. Kalau galau mau makan mie goreng atau nasi goreng mending pilih menu magelangan saja, bisa dapat keduanya dalam 1 piring 😅. Rasanya enak, gurih, dan porsinya banyak. Kenyang parah ini sih 🤭. 

Bakmi Jawa Rebus



Menu satu ini sih pasti udah pada kenal lah ya. Tapi berhubung mie yang lurus habis, jadilah pakai mie keriting. Kuahnya enak banget. Kaldu ayamnya berasa banget. Dan ada suiran ayamnya juga loh. Porsinya juga banyak dijamin puas dan keyang. Kalau mau pedas tinggal makan cabe rawit yang telah disediakan. 

Paket B 



Paket B ini terdiri dari Nasi, lele goreng/bakar/, tempe goreng dan sambal. Kalau ini sih rata-rata enak jadi gak perlu di jabarin lagi 😁. 

Nasi Goreng Tiwul Spesial



Nah ini adalah tiwul yang dimasak dengan cara dan bumbu nasi goreng. Rasanya kayak makan nasi goreng biasa aja tapi bahannya digantj dengan tiwul. Aku yang perdana mencoba makan tiwul ini rasanya enak dan emang agak aneh sih ya kalau makan terlalu banyak. 

Aku cuma bisa makan 3-5 sendok. Karena makan tiwul ini bikin cepet kenyang. Sedangkan porsinya banyak 🤭. Andaikan ada tiwul dirumah, pasti aku lebih milih makan ini karena tinggi serat, rendah gula dan bisa untuk diet 😁. 

Es Susu Jahe


Ini seger banget. Biasanya kan susu jahe dibuat hangat. Tapi kali ini mesennya di buat es. Aroma dan rasa jahe yang dibakar sangat harum. Aku ketagihan banget sih minum Es Susu Jahe disini. Jahenya juga gak pelit, jadi bener-bener terasa banget deh jahe bakarnya. 

Tempe Mendoan

Tempe mendoan disajikan panas dengan sambal kecap yang pedas. Tempe mendoan ini bentuknya lumayan besar. auto langsung kenyang dong ya :).




Gimana? Tertarik untuk mencobanya? Pokoknya kalau kalian lagi main ke daerah kaliurang gak ada salahnya untuk mencoba nasi tiwul disini. 

Oh ya, selain itu juga, Gubuk Dahar Mak Yatiek menyediakan oleh-oleh juga loh. Ada kopi, aneka tiwul, keripik dan lain sebagainya. 

Oke sekian dulu info kuliner dari aku semoga bermanfaat untuk kalian yang sedang mencari info kuliner unik di daerah kaliurang. 

Dadaahh ❤

Gubuk Dahar Mak Yatiek Kaliurang
Jalan Boyong, Wonorejo, Hargobinangun, 
Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582
0813-5635-2013