Warung Papeda Jogja, Kuliner Papua dengan Ikan Bakar Colo-Colo Terenak


Warung Papeda Jogja, Kuliner Papua dengan Ikan Bakar Colo-Colo Terenak - Halo semua. Apa kabar? Semoga dalam keadaan baik ya, Aamiin 😇. Kulineran lagi yuk. Kali ini aku mau kasih tau ke kalian kuliner unik. Unik karena makanan yang mau aku ulas ini berasal dari Indonesia bagian timur yaitu Papua dan Maluku.

Warung Papeda


Yup, tempat makan yang mau aku kasih tau ke kalian adalah Warung Papeda. Warung Papeda ini adalah tempat makan yang menyajikan makanan khas Papua atau Maluku. Dengan menu khasnya yaitu papeda. 

Tempat makan ini sudah di jogja sejak tahun 2014 loh. Pemilik tempat makan ini adalah seorang mahasiswa yang memang berasal dari papua dan maluku yang belajar di universitas Jogjakarta (kemungkinan sekarang sudah lulus).  

Tujuan mereka membangun tempat makan "warung papeda" ini supaya, para masyarakat yang berasal dari papua dan maluku di Jogja bisa merasakan makanan khas dari tanah kelahirannya. Warung Papeda Ini juga bisa menjadi salah satu kuliner unik karena berbeda dari kuliner yang ada di jogja. 

View Warung Papeda

Tempat Warung Papeda ini terletak di Jalan Babarsari. Warungnya memang kurang strategis dan agak masuk kedalam tapi mudah di temukan kok kalau pake GPS 🤭. 

Tempatnya lumayan luas dan lumayan adem loh. Padahal aku kesininya siang hari. Gak ada yang istimewa dari warungnya. Hanya terdapat hiasan dinding alat panah khas Papua yang terlihat disana. Bangku dan mejanya terbuat dari kayu yang memanjang dan lebar.







 


Apa Sih Papeda Itu?

Menu yang ditawarkan disini adalah menu khas papua dan maluku. Dengan menu utamanya adalah papeda. Baduway pada tau gak, papeda itu apa sih? Papeda adalah makanan khas maluku dan papua yang disajikan dengan kuah kuning dan ikan tongkol atau mubara yang di bumbui kunyit. 

Tapi di warung papeda ini menggunakan ikan cakalang ya gaes. Ikan cakalang sendiri masih saudaraan sama ikan tongkol. Aku juga baru ini makan ikan cakalang 🤭. Tekstur dari papeda ini berwarna putih dan lengket seperti lem. 

Papeda merupakan makanan yang kaya serat, rendah kolestrol, dan bernutrisi cukup. Bahan baku papeda ini didatangkan langsung dari Serui, Papua. Pemilik warung ini memesan satu ton sagu dari Serui setiap 4 bulan sekali. (Info by: wargajogja.net) Bagi masyarakat Papua dan Maluku, papeda ini adalah makanan pokok pengganti nasi. 

Baca juga:Vappiano Cafe & Resto Boyolali, Menu Iganya Mantap dan Murah!

Menu Warung Papeda

Selain papeda sebagai menu utama di Warung papeda, ada juga menu lainnya loh. Ada aneka nasi juga bagi kalian yang gak suka sama papeda seperti nasi kuning ikan goreng, nasi kuning ayam, dan masih banyak lagi.

Selain itu juga ada menu sayurnya seperti sayur sop, kangkung bunga pepaya, sayur daun pepaya dan masih banyak lagi. Aku paling kepo sama menu sagu gula merah dan genemo santan 🤔. Nanti kalau kesini aku mau cobain ini ah 😅. Okedeh, nih aku kasih lihat daftar menu dan harganya 👍.

Menu Yang Di Pesan

Nah, pasti kalian penasaran dong, aku pesen apa aja sih disini. Aku pesan beberapa menu yaitu Papeda Ikan Bakar Colo-Colo, Nasi Kuning Ikan Saus Pedas, Sayur Daun Pepaya & Kangkung Bunga Pepaya. Berikut tampilannya gaes. 

Papeda Ikan Bakar Colo-Colo

Menu ini terdiri dari Papeda, kuah kuning, ikan cakalang bakar, dan colo colo.

Papeda 

Rasanya unik banget. Tekstur lengket dan rasanya asem kecut gitu gaes. Jujur aku kurang begitu suka sama papedanya. Tapi bojoku ketagihan coii 😅.


Kuah kuning

Rasa kuah kuning ini beda ya sama kuah kuning jawa barat. Rasa kuah kuning disini kecut banget tapi seger dengan tambahan daun kemangi dan tomat. Unik banget pokoknya 😍👍

Ikan Bakar Colo-Colo

Potongan ikan cakalang bakarnya besar dan tebal. Aroma bakarannya yang khas membuat ikan cakalang bakar ini jauh berbeda dengan ikan bakar yang sering kita buat atau jumpai di tempat makan. Aku gak tau lagi mau bilang apa selain enak banget ya ampunn, mau meninggal tau gak 😅😅😅. 


 

Colo-colo

Nah ini dia yang unik lagi. Namanya colo-colo tapi bentukannya kayak acar gitu. Isianya ada tomat hijau kecil, cabai rawit & potongan bawang merah. Rasanya kecut banget. Berasa lagi makan cuka aja 🤭😅. Tapi seriusan ini seger banget, seger parah dan nagih parah walaupun kecut 👍. Semua dari menu papeda ini juaara banget dan enak banget.


Nasi Kuning Ikan Saus Pedas

Isinya adalah Nasi kuning dengan toping mie goreng, tempe orek, sambal, dan Ikan Cakalang pedas 🤤. Nasi kuningnya agak beda loh ya sama nasi kuning yang suka buat sarapan 🤭. Bumbunya tidak terlalu terasa alias soft banget tapi tetep enak. Ikan saus pedasnya enak banget. Daging ikannya tebal tanpa tulang dan pedesnya juga pas.

Baca juga:Ayam Goreng Suharti, Kuliner Legend dan Tak Tergantikan

Sayur Daun Pepaya

Kalau ini sih sama kayak daun pepaya lainnya ya, yanh hanya dierebus lalu di potong kecil-kecil. Tapi ada pedesnya juga sih, karena ada leburan cabai didalamnya.


Kangkung Bunga Pepaya 

Sayur ini juga sama seperti tumis kangkung lainnya hanya saja ditambah bunga pepaya.

Nah, ini yang unik. Karena rasa tumis kangkungnya tuh gak seperti tumis kangkung kebanyakan. Rasa kangkungnya gak hilang sama sekali, jadi kayak makan kangkung yang baru direbus gitu aja. Keren sih 🤤.

Semua menu yang aku pesan sangat enak semua. Aku takjub banget karena perdana makan makanan khas Indonesia timur. Papeda yang selalu aku lihat di TV dalam acara kuliner nusantara, kita bisa dinikmati secara langsung.  Indonesia kaya akan kuliner dan kita harus bangga akan hal itu. Terbukti dengan adanya warung papeda ini bisa membuat kita lebih mengenal masakan budaya dari indonesia bagian lain. 

Pasti kalian penasaran juga kan? Yuk dateng dan cobain langsung sensai makan papeda. Kalau sudah pernah, ceritain ke aku dong apa kalian suka sama papedanya? Tulis di komentar ya.  Oke sekian dulu review kuliner dari aku. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi ide kuliner kalian selanjutnya. 

Dadaaahh ❤️.

Warung Papeda
Jalan Raya Kledokan No.10, Kledokan, Babarsari, Caturtunggal, 
Kec. Depok, Kabupaten Sleman, 
Daerah Istimewa Yogyakarta
082138007131