Sajian Lezat Ikan Bakar Sulawesi di Salatiga


Sajian Lezat Ikan Bakar Sulawesi di Salatiga - Malam minggu kemarin ceritanya aku dan bojo berencana mau jalan jalan alias pacaran di malam minggu 🤭. Biasanya rute kami tuh kalau gak ke Solo atau ke Klaten. Tapi kali ini aku berinisiatif untuk main ke Salatiga. Toh rute Boyolali - Solo, Boyolali - Klaten sama jaraknya dengan Boyolali ke Salatiga. 

Bukan kali pertama juga sih ke Salatiga. Sebelumnya beberapa kali pernah kesana. Setelah sampai di Salatiga, seperti biasa kami harus mencari referensi tempat makan yang enak, murah, porsi banyak 😅. Berbekal pencarian di Google, kami memutuskan untuk mengunjungi sebuah tempat makan yang rating di Google cukup tinggi yaitu "Ikan Bakar Makasar". 

View Ikan Bakar Makasar



Resto ini terletak di Jalan Langensuko, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga, Jawa Tengah. Disini adalah tempat kuliner khas Makasar. Kenapa aku kesini? Selain karena rating di Google tinggi, aku juga penasaran sama salah satu menu yang ada disini yaitu Coto Makasar. So, aku kesini deh 🤭. 

Tempatnya gak begitu luas sih, dengan area indoor dan outdoor. Untuk outdoor agak sempit sih, gak bisa untuk banyak orang. Tapi kalau untuk di indoornya, lumayan bisa menampung beberapa orang. Dengan meja panjang dan jumlah bangku yang sedikit, lebih memungkinkan untuk 1 meja 1 keluarga yang terdiri dari 4-5 orang. 


Ada yang unik dari resto ini yaitu cara pemesanan. Jadi pertama kali kita masuk, kita langsung antri untuk memesan makanan. Disini tersedia semacam freezer ice cream yang suka kita lihat di Supermarket. Tapi isinya bukan es cream tapi ikan. 

Ada banyak jenis ikan disini yang bisa kita pilih untuk diolah sesuai dengan menu yang dipilih. Ada ikan berukuran besar yang harganya ditentukan dengan jumlah berat dari ikan tersebut. Kalau ajak keluarga besar sih pasti milih ikan berukuran besar ini biar di santap bersama-sama 🤤. 

Baca juga:Warung Papeda Jogja, Kuliner Papua dengan Ikan Bakar Colo-Colo Terenak


Karena aku cuma berdua, jadi gak perlu lah pesan ikan sebesar itu 😅. Jadi sudah dipastikan ikan yang kita pilih itu masih segar dan baik. Kalian bisa lihat sendiri ikan nya di tata dengan rapih dengan irisan jeruk nipis dan tomat diatasnya. Seger banget liatnya. 

Menu Resto Ikan Bakar Makasar



Menu yang ada disini rata-rata menu dari Makasar. Tapi ada juga menu seafoos lainnya yang biasa kita temui. Berikut Menu dan harga Resto Ikan Bakar Makasar. 

Menu Yang Dipesan

Penasaran dong ya, aku pesan apa di resto ini. Aku pesan beberapa menu diantaranya ada Ikan Kuah Asam (30k), Paket Tuna Bakar (26k), Coto Makasar Daging (15k), Ca Kangkung (8k).  Berikut  Penampakan dari menu yang aku pesan

Ikan Kuah Asam



Jujur aku gak kenal jenis ikan selain ikan tongkol, tuna, dan mujair. Jadi aku gak tau ini ikan jenis apa 😢. Pokoknya ini adalah ikang yang direbus bersamaan dengan kuah asam dan ada sedikit pedasnya. Ditambah dengan irisan tomat, bawang daun dan kemangi. 

Dimakan bersama nasi putih hangat bikin nafsu makan semakin menggebu-gebu 😅. Ikannya empuk banget karena direbus tapi gak amis. Biasanya kalau ikan dimasak dengan cara seperti ini pasti masih ada amis-amisnya. Tapi ini enggak loh. Kereennn 👌. 

Paket Tuna Bakar


Ini adalah menu paketan ya. Jadi Ikan tuna yang dibakar dengan bumbu khas Makasar. Karena, bumbunya tuh sangat asing untukku. Bumbu yang yang belum pernah aku rasakan sebelumnya. Maka dari itu, menurutku bumbu ikan bakar ini memang resep kuliner Makasar. 

Selain ikan bakar, ada Nasi putih, Bakwan Jagung, Cah Sawi Hijau, dan 3 jenis sambal. Aku kurang paham juga dengan penamaan ketiga sambal tersebut. Yang aku rasakan adalah sambal goreng, sambal asam tomat dan satunya lagi aku gak tau namanya 😅. 





Ikannya gak begitu besar tapi rasanya enak banget loh. Ada aroma asap-asapnya gitu. Ada kuah kaldunya juga loh. Rasanya agak aneh, kayak lagi minum air jahe aja gitu 😅. Lalu bakwan jagungnya enak, sayangnya cuma dikasih 1 doang 🤭. 

Kemudian cah sawinya disajikan sedikit banget, maklum namanya juga paketan 😅. Rasa cah sawinya asi  banget 😫. Bagi pecinta asin mumgkin suka, kayak bojoku suka-suka aja. Tapi untuk aku yang gak suka asin,  membuatku menjadi pusing. Aku juga kurang paham kenapa aku gak bisa makan terlalu asin, pasti langsung agak pusing kepalanya 🤔🤭. 

Baca juga:Menikmati Kuliner Khas Banjarmasin di Rumah Banjar Garden Resto Solo

Cah Kangkung


Untuk Cah kangkung, gak ada beda sih ya dengan cah kangkung pada umumnya. Dan sekali lagi yang sangat disayangkan. Kenapa asin banget 😫. Duuhh, ini yang masak mah nikah apa gimana nih pada asin begini. Untungnya menu ikan engga asin. Kalau asin semua, dijamin aku gak bakalan makan. 

Coto Makasar



Ini dia nih motivasi aku ke resto ini, karena ada menu Coto Makasar. Aku kira Coto ini adalah soto yang ada sayurannya ternyata bukan doong. Jadi warna kuahnya ini cokelat dengan isian potongan daging. Udah itu doang isinya 🤔. 

Aku langsung bilang ke bojoku "kok soto sepi banget ya, gak ada topping lainnya" 😅. Yang biasa aku temui itu kalau soto ya ada bihun, toge, irisan daging dan kuahnya bening atau kuning. Tapi ini cokelat. Ternyata setelah aku makan, kuahnya tuh kacang banget. Jadi kuahnya ini terbuat dari kacang tanah yang di rebus bersama air dan bumbu serta rempah lainnya. 

Malah menurutku selain bumbu kacang, juga ada tambahan tauco nya. Tapi ini cuma perkiraan ku aja loh ya. Jadi ketika kita seruput kuah coto ini berasa lagi makan sate sambal kacang versi kuah 🤭. Rasanya unik dan kurang cocok di lidah perutku. Terbukti setelah makan coto ini lambungku agak kurang nyaman. 

Setelah aku mencoba makan di resto ini, kesimpulanku menu ikannya enak semua. Mungkin kalau one day aku kesini lagi, aku akan mencoba aneka menu ikan lainnya. Dan aku gak mau pesan menu selain ikan. Takut asin dan gak sesuai lidah ku.

Oke sekian dulu info kuliner dari aku. Semoga bermanfaat untuk kalian yang sedang mencari kuliner di daerah Salatiga. Sampai jumpa di info kuliner lainnya. 

Dadaah ❤



Ikan Bakar Sulawesi

Jalan Langensuko, Salatiga, Kec. Sidorejo,
Kota Salatiga, Jawa Tengah 50711