Pantai Watu Kodok, Keindahan dan Kesunyian Laut Selatan…

DSCN0318
Pantai Watu Kodok adalah salah satu pantai di Gunungkidul yang bisa dikatakan masih perawan dan sepi pengunjung. Padahal, lokasi Pantai Watu Kodok persis di samping salah satu pantai populer, yakni Pantai Drini yang sudah pernah saya bahas di sini dan sini. Pantai Watu Kodok ini mirip Pantai Pok Tunggal yang juga pernah saya bahas beberapa waktu lalu, yakni sepi pengunjung dan kurang populer. Pantai Watu Kodok ini cocok bagi wisatawan yang mengingainkan suasana sepi untuk menikmati keindahan pantai pasir putih laut selatan. Smile Lokasi Pantai Watu Kodok ini terletak di Desa Kemadang, Tanjung Sari, Gunungkidul. Untuk mencapai lokasi Pantai Watu Kodok ini bukanlah hal yang sulit karena letaknya sejalur dengan pantai Baron, Kukup, dan Krakal.



DSCN0475
Jalur menuju Pantai Watu Kodok ini sama dengan jalur menuju Pantai Baron, Kukup, dan Krakal, yakni langsung saja menuju Wonosari dan ambil arah ke Pantai Baron. Setelah sampai pintu masuk atau gerbang Pantai Baron, ambil kiri dan ikuti saja jalan tersebut. Ada papan berukuran kecil di pinggir jalan yang menunjukkan letak pantai ini. Persisnya, Pantai Watu Kodok ini terletak di sebelah barat Pantai Drini. Lalu di mana letak Pantai Drini? Pantai Drini terletak di sebelah timur Pantai Watu Kodok Smile with tongue out. Jalan masuk pantai ini masih berupa cor dan tanah seperti foto di atas, tetapi dapat dilalui oleh mobil.
DSCN0322
Setelah sampai di Pantai Watu Kodok, kita akan disuguhi keindahan pasir putih khas pantai di Gunungkidul lainnya. Garis Pantai Watu Kodok ini tak terlalu panjang. Jika dibandingkan dengan Pantai Pok Tuggal, garis Pantai Watu Kodok ini lebih pendek. Ombak di Pantai Watu Kodok ini sama seperti pantai Gungkidul atau laut selatan lainnya, lumayan ganas ketika pasang. Saat Pantai Watu Kodok, kita akan disuguhi pemandangan baru karang lengkap dengan biota lautnya Smile.
DSCN0330
Saya sudah dua kali mengunjungi Pantai Watu Kodok ini dan sama sekali tidak merasa bosan dengan keindahan yang ada. Satu hal yang saya suka dari pantai yang sepi seperti Pantai Watu Kodok, yakni tak ada SAMPAH! Banyaknya sampah di pantai-pantai populer seperti Indrayanti dan Baron merusak keindahan pantai. Pantai Watu Kodok ini relatif bersih dan bebas sampah, yang ada malah bekas rumah kerang dan biota laut lainnya yang ada di pasir.
DSCN0395
Karena masih banyak biota laut yang berkeliaran di Pantai Watu Kodok, kita harus hati-hati dan waspada, mengapa? Kalau tidak hati-hato, bisa saja kita tidak sengaja menginjak biota laut yang hidup di antara karang-karang. Kalau yang terinjak teripang atau hewan lunak lainnya mungkin tak masalah, tapi kalau yang terinjak adalah bulu babi aka landak laut seperti foto di atas dan di bawah ini bisa demam tiga hari ntar, hehehehe…Laughing out loud
DSCN0394
Selain bulu babi aka landak laut, saya juga menemui hewan lunak yang tampangnya seperti bekicot, tetapi nggak punya rumah, hehehe.. Cacing, ikan kecil, rumput laut, dan kepiting mudah ditemui di Pantai Watu Kodok ini. Bagaimana dengan fasilitas yang ada di Pantai Watu Kodok? Fasilitas yang ada di Pantai Watu Kodok ini masih minim karena memang belum mendapat sentuhan pembangunan. Meski demikian, di Pantai Watu Kodok ini terdapat beberapa kamar mandi dan warung. Warung yang ada Pantai Watu Kodok ini sebagian cuma buka pas hari libur atau minggu saja, sehingga pas hari biasa pantai ini makin sepi dan sunyi, hehehe… Smile
DSCN0496
Saat saya akan pulang, ada pasangan yang baru saja masuk Pantai Watu Kodok. Tampaknya mereka benar-benar menikmati suasana sunyi di Pantai Watu Kodok seperti foto di atas, hehehehe… Sampai di sini dulu posting tentang Pantai Watu Kodok kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca semua Smile.