eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Bermain Ratusan Game Edukasi yang Cocok untuk Belajar Anak di Plays.org

Bermain Ratusan Game Edukasi yang Cocok untuk Belajar Anak di Plays.org - Halo semua,apa kabar? Semoga dalam keadaan baik ya, Aamiin 😇. Kali ini aku mau share tentang Game. Kalian termasuk yang hobi main game gak sih? Kalau aku sih terkadang suka main kalau lagi suntuk. Yup, bermain game dapat membuat stres kita berkurang dan meningkatkan hormon bahagia apalagi kalau mainnya selalu menang 🤭.

Aku gak suka game yang terlalu berat dan rumit. Kali ini aku bukan bahas game untuk aku ya, tapi untuk keponakan sih, namanya Barraka. Karena aku belum punya anak dan suka main sama keponakan, maka game tersebut untuk keponakanku.

Keponakan Barraka ini kelas 2 SD dan sekolah online dirumah. Yup, semenak pandemi Covid-19 semua anak sekolah belajar dari rumah termasuk keponakanku ini. Oh ya, nama keponakanku ini Barraka. Belakangan ini Barraka selalu sulit menerima pelajaran. Maka dari itu Barraka butuh metode belajar lainnya selain dari buku pelajaran. 

Aku berinisiatif untuk mengajaknya bermain game. Etapi aku juga gak asal pilih games loh ya. Aku carikan games dengan tema edukasi. Tujuannya agar merefresh otak dengan bermain games tapi tetap dapat manfaat dari games tersebut. Setelah aku cari akhirnya ketemu deh sama website game bagus yaitu Plays.org


Plays.org ini adalah sebuah situs yang menawarkan banyak jenis games. Bukan banyak lagi sih, tapi ratusan ❤️. Semua game dalam koleksi Plays.org adalah game HTML gratis yang tidak diblokir. Kalian bisa mainkan langsung di browser web kalian tanpa mengunduh aplikasi. Selain itu, situs ini juga bebas iklan dan nggak perlu login atau daftar akun dulu. 

Asik banget kan, gak perlu download, gak perlu beli dan langsung main aja. Tema gamenya banyak jenisnya loh. Mulai dari edukasi, peperangan, hitung-hitungan bahkan sampai game jadul juga ada seperti tetris, pinball, candy dan masih banyak lagi. 

Baca juga:D'Highland Selo Boyolali, Cafe Instagramable Suguhkan Pemandangan Alam

Dari semua jenis game tersebut, ada 3 game yang cocok banget untuk keponakanku. Game yang aku pilih temanya edukasi. 

1.  Math Quiz: Arithmetic Practice Game For Kids

Games pertama yang aku pilih yaitu Math Quiz: Arithmetic Practice Game For Kids. Game ini tentang perhitungan yang terdiri dari penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Tata cara bermain sebagai berikut ;

  1. Ketik nama pemain
  2. Pilih jenis perhitungan (Quiz Style)
  3. Pilih tingkat kesulitan (Difficulty)
  4. Kerjakan soal dari 1-10 dengan memilih jawaban yang ada di dalam kotak
  5. Setelah selesai mengerjakan klik submit
  6. Tunggu hasil keluar sesuai jumlah benar soal yang kalian kerjakan
  7. Jikalau ada jawaban yang salah, akan diberikan jawaban yang benar (report card)
  8. Kalau kalian ingin print soal dan jawaban tersebut bisa banget loh, langsung print aja dari game tersebut.





Dari game ini, aku menyuruh Barraka untuk mengerjakan soal penjumlahan dan pengurangan. Karena memang tema pelajaran matematika di sekolahnya adalah penjumlahan dan pengurangan.

Dari game ini diharapakan agar Barraka dapat mengerjakan soal dengan cara berbeda dan menyenangkan. Beda loh ya, mengerjakan soal di kertas dengan di game. Lebih asik dari game karena banyak gambar visual yang bertujuan  belajar menjadi fun dan tidak membosankan. 

2. Adventure Man And The Month Of The Year Calendar Game 

Kita lanjut ke game kedua. Game yang aku pilih selanjutnya yaitu Adventure Man And The Month Of The Year. Disini kita disuruh untuk menjawab pertanyaan seputar nama-nama bulan. 

Tata cara bermain sebagai berikut ;

  1. Klik permainannya
  2. Klik anak panah
  3. Lalu ada pertanyaan (bulan apa yang datang sebelum bulan Desember?)
  4. Lalu klik jawabannya. 
  5. Jikalau salah, akan minta diulang untuk menjawab sampai jawabannya benar. Jikalau belum benar, permainan belum bisa berlanjut.
  6. Terdiri dari 10 soal
  7. Setelah selesai mengerjakan soal part 1, lanjut ke part 2
  8. Disini kalian disuruh untuk menyusun dengan benar urutan nama-nama bulan kedalam kotak.
  9. Setelah selesai semua, akan ada pernyataan "apakah mau main lagi?" Kalau tidak silahkan keluar 





Dari game ini, Barraka diharapkan mampu menghafal nama-nama bulan dalam setahun dengan baik. Sehingga mampu menjawab soal-soal seputar nama-nama bulan. Metode ini sangat cocok untuk anak-anak lebih semangat dalam menghafal.
Baca juga:Menikmati Bakso Tirtosari Klaten, Bakso Legend dengan Rasa Mantap!

3. Arthur Planet Pal: Pattern Recognition Game

Game terakhir yang aku pilih untuk Barraka yaitu Arthur Planet Pal: Pattern Recognition Game. Game ini menuntut kalian agar mampu mengingat warna apa selanjutnya dari gambar sebelumnya. Selain warna, juga ada corak yang harus kalian ingat dan tata letaknya. Game ini menuntut daya ingat kalian apakah mampu mengingat dengan baik dan tepat. 

Tata cara bermain sebagai berikut ;
  1. Klik play
  2. Pilih fast / slow (untuk tingkat kecepatan gambar)
  3. kalian pilih warna selanjutnya dari bagian gambar anjing yang berjalan. Misalkan gambar awalnya hijau, ungu, hijau ...... lalu warna selanjutnya apa. kalian bisa klik warna dibagian bawah. Begitupun seterusnya. Karena gak selalu pilih warna selanjutnya, tapi juga menentukan corak untuk gambar selanjutnya, Jadi kalian harus sangat teliti ya.
  4. Jikalau jawaban kalian benar, pada gambar tulang akan terlihat score untuk warna yang kita tebak dengan benar. Tapi kalau salah, akan ada tanda silang. kalian hanya diberikan kesempatan salah menebak sampai 3x. Kalau lebih dari itu permainan berakhir. 







Pilihan game edukasi dari game Plays.org keren banget kan. Masih banyak loh game edukasi yang bisa klian pilih.Tapi untuk sementara aku pilih 3 game dulu aja. Saking banyaknya jenis games di Plays.org ini semakin bingung milihnya. Rasanya pengen mainin semua permainannya. Gimana gak mau mainin semua, situs ini free alias tapa harus bayar dan download sudah bisa langsung main. 

Barraka juga sangat senang dengan adanya jenis game ini. Aku mengajaknya untuk bermain game setelah mengerjakan PR. Dengan adanya game ini diharapkan para orang tua dapat memilih game edukasi pada anak. Agar anak tidak menjadi kecanduan bermain game yang tidak ada gunanya. 

Oke sekian dulu info dari aku, semoga bermanfaat untuk kalian semua yang sedang mencari situs game gratis dengan jenis permainan yang banyak. Kalau kalian sudah mencoba game dari Plays.org ini coba komen dibawah ya, game apa yang udah kalian coba.
Dadadhh . 
Anda mungkin suka:Pengalaman Menginap di @K Hotel Kaliurang Jogja, Rooftop-nya Keren!
Posting Komentar

Posting Komentar