Nikmatnya Mangut Kepala Manyung Randusari Boyolali Pedas Bikin Nagih


Nikmatnya Mangut Kepala Manyung Randusari Boyolali Pedas Bikin Nagih - Halo semua, apa kabar? Semoga dalam keadaan baik ya, Aamiin 😇. Kali ini aku mau kasih tahu kuliner tempat makan yang enak di Boyolali. Sebenernya tempat makan ini sudah lama, tapi aku baru punya kesempatan sekarang sih 🤭. 

Nama tempat makannya yaitu "Mangut Kepala Manyung Randusari" Sebagai warga pendatang, aku suka banget sama masakan mangut. Oh ya, mangut ini bukan jenis ikan ya. Tapi mangut ini adalah jenis masakan berkuah dengan bumbu rempah-rempah yang sangat khas dan memiliki rasa yang eksotik. Bahan dasar mangut biasanya menggunakan jenis ikan laut seperti ikan pari dan manyung yang di asapi.



Ikan pari dan manyung paling banyak ditemukan di kawasan pinggir pantai. Tapi di beberapa tempat yang agak jauh dari pantai, kadang menggunakan bahan ikan lele. Begitu di makan, rasa ikannya tuh ada aroma asap yang menandakan proses ikan sebelum diolah mangut adalah diasap terlebih dahulu. Mangut adalah masakan khas daerah kabupaten Pati, Jawa Tengah dan dimasak dengan rasa sangat pedas. 

Baca juga:Menikmati Sajian Menu Bintang 5 Dengan Harga Kaki 5 di D'Dardjos Resto, Cafe & Suki Boyolali

Mangut kepala manyung ini bisa kalian temui di Randusari, kecamatan Teras, Boyolali. Tempat makan ini sudah hits banget dan yang datang juga gak cuma dari Boyolali, bahkan dari luar Boyolali juga banyak yang kesini. Tempat makan ini hanya menyediakan masakan mangut dengan kepala ikan manyung. Kalau kalian belum tau kayak gimana sih ikan manyung itu, nih aku kasih fotonya 🤭. 

(Picture by Google)

Sejujurnya aku juga belum pernah lihat langsung ikan manyung seperti apa 🤭. Oh ya, ikan manyung di tempat makan ini di datangkan langsung dari Demak, Jawa Tengah loh. Tempat makan ini berada di area perumahan yang masih banyak area sawahnya. 

Bisa dibilang sih makan ditepi sawah 🤭. View hamparan sawah luas membuat pemandangan mata menjadi indah. Untuk tempat makannya sendiri lumayan luas dengan area tempat duduk dan lesehan. Ini terlihat seperti rumah yang halaman depan disulap menjadi tempat makan. 








Fasilitas di Mangut Kepala Manyung Randusari ini termasuk lengkap yaitu terdapat wastafel cuci tangan, toilet dan depan tempat makan ini terdapat mushola warga.

Aku pesan 2 mangut kepala manyung, nasi putih dan es jeruk total 80.000. Jadi per porsi harganya 40.000 sudah termasuk nasi dan minuman. Masih worth it sih menurutku, karena kepala ikan manyung nya tuh besar dan dagingnya juga banyak. 

Baca juga:Warung Wepede Boyolali, Sensasi Makan Bernuansa Desa

Oh ya, kalau pesan 2 porsi, nasi putihnya di sajikan di tempat nasi yang terbuat dari plastik bolong-bolong kecil gitu gaes. Untuk ukuran 2 porsi kayaknya masih terlalu banyak sih ya. Jadi bisa puas makan deh 🤭.




Ini hanya kepala ikan tapi kok ukurannya besar dan dagingnya banyak ya? Jadi semakin penasaran pengen liat versi hidupnya sebesar apa ya 🤔. Kuah mangut ikan kepala manyung ini berwarna kuning, cair dan rasanya pedas. Tapi pedesnya seger loh, dikasih minum langsung hilang pedasnya alias gak bikin sakit perut. 

Kuah mangut ini terbuat dari rempah-rempah yang dimasak dengan santan. Ikan kepala manyung ini dimasak dengan kuah tadi selama 4 jam. Pantas saja, pas ikannya dimakan tuh berasa banget bumbu rempahnya dan rasa asap dari ikannya juga masih terasa.

Apalagi ditambah dengan irisan tomat hijau dan cabai hijau, merah dan rawit membuat tampilan mangut ikan kepala manyung ini semakin cantik. Pokoknya aku suka banget sama makanan ini dan aku merekomendasikan makanan ini ke kalian semua para pembaca setia kisah foto ❤. 

Oke sekian dulu info kuliner dari aku, semoga bermanfaat untuk kalian semua. 

Dadaah. 


Mangut Kepala Manyung Randusari
Dusun II, Randusari, Kec. Teras, Kab. Boyolali
Jawa Tengah. 57372
Anda mungkin suka:Joong Rumah Roti, Toko Kue dan Roti Tersembunyi di Boyolali yang Asik Buat Nongkrong