Aneka Herbal yang Aku Konsumsi untuk Pemulihan Pasca GERD


Aneka Herbal yang Aku Konsumsi untuk Pemulihan Pasca GERD - Halo semua. Apa kabar? Semoga dalam keadaan baik ya, Aamiin 😇. Kali ini aku mau cerita sedikit tentang perjalanan ku dalam mencapai kesembuhan pasca Gerd. Bukan sembuh yang total banget sih, tapi sudah sangat jauh lebih baik dari sebelumnya. Kumat sedikit ya wajar karena memang belum 100℅. Seperti yang pernah aku ceritakan di ceritaku sebelumnya tentang pertama kali masuk rumah sakit karena Gerd, kali ini aku akan menceritakan tentang masa pemulihannya. Bagi yang belum baca, bisa kalian baca disini ya. 

Pasti kalian paham deh betapa sakit dan gak nyamannya Gerd. Yup, sendawa terus menerus, susah menelan makanan, ulu hati panas, tidur harus dengan posisi kepala lebih tinggi, mual dan masih banyak lagi sensasi yang terasa di badan. Aku mengalami semua ini semenjak Desember 2020 dan sekarang Maret 2021 keadaanku jauh lebih baik. Sudah berobat kesana kesini, dari yang mahal sampe yang murah semuanya sudah dijalani. Butuh kesabaran serta banyak berdoa agar semua ini bisa cepat berlalu. 


Berbekal info dari teman dan tetangga yang pernah mengalami sakit Gerd ini mengatakan kalau pemulihan asam lambung/gerd  membutuhkan waktu yang cukup lama. Ada yang 4 bulan bahkan sampai 8 bulan 😖. Lama banget ya, tapi syukur Alhamdulillah aku gak terlalu lama untuk mencapai di tahap seperti ini. Sekarang sensasi mual dan sendawa yang biasanya selalu kurasakan apalagi sehabis makan, kini lebih kalem dan gak menyakitkan lagi. Bisa makan lebih tenang, dan bisa makan dengan lahap. Tapi tetep sih, gak bisa makan banyak. Sedikit tapi dengan ritme lebih sering makannya. 

Kalian pasti penasaran kan, aku minum obat apa aja sih selama ini? Oke, sebelumnya aku mau cerita kalau aku sudah tidak mengkonsumsi obat dari dokter. Tapi kalau perutku terasa bener-bener sakit barulah aku minum obat. Obat dari dokter yang aku minum yaitu Guarposid Cisapride 5mg. Eh tapi aku gak minum obat ini setiap hari ya. Melainkan kalau sudah tak tertahankan rasa sakit di ulu hatiku aja. Kalau engga ya engga usah diminum 👍. 

Baca juga:Kerja Nyaman dan Nongkrong Asik di Alaz Coworking Coffee

Minum Obat Herbal



Setelah lepas dari obat dokter yang sekali minum bisa 2-3 obat, aku beralih ke obat herbal. Memang herbal dijadikan pilihan setelah dirasa obat dokter sudah terlalu banyak diminum. 

Ada rasa khawatir yang berlebih jika terlalu banyak minum obat dokter. Takut ginjal dan lain sebagainya. Obat herbal pun tidak bisa langsung menghilangkan sakit. Karena sifatnya herbal maka efeknya pun lambat. Bisa terasa efeknya di badan sekitar 2-3 mingguan diminum secara teratur. 

Kalau obat dokter kan sekali minum langsung mantep di badan 🤭. Ada beberapa obat herbal yang aku konsumsi selama pemulihan Gerd ini. Ada madu kunyit, Gamat, Teh Chamomile, Sari Kurma dan madu murni. 

Madu Kunyit 



Ada banyak banget madu yang di khususkan untuk penderita asam lambung di pasaran. Salah satunya Madu Zestmag ini. Aku lihat di Lazada harganya 145.000rb (masing-masing toko beda harga). Madu ini di klaim dapat meringankan gangguan pencernaan seperti mual dan kembung. 

Aku minum madu kunyit ini sebelum makan 3x1 1 sendok makan. Efek yang bisa aku rasakan adalah perut terasa lebih kalem dan enteng. Obat herbal ini favorite aku banget, dan sudah habis 3 botol 👍. Seperti yang aku bilang sebelumnya, kalau kinerja obat herbal ini lamban, dan aku baru bisa merasakan enak di perut setelah minum kurang lebih 2mingguan baru ada efeknya. Rasanya manis dan aroma kunyitnya terasa banget. Warnanya pun kuning seperti kuning kunyit. 

Kalian bisa beli Madu Kunyit Zestmag dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Jelly Gamat




Wah produk ini sudah sangat hits dikalangan pecinta herbal. Gimana engga, produk yang terbuat dari ekstrak timun laut atau yang lebih dikenal dengan teripang ini sukses membuat beberapa penyakit menjadi sembuh. Banyak banget manfaat dari teripang ini antara lain  mempercepat penyembuhan luka, meringankan nyeri sendi, menyehatkan kulit, menurunkan kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi, memperbaiki kerusakan hati (liver) dan jantung, meredakan gangguan pencernaan, dan lain sebagainya.

Teksturnya Jelly lengket kentel gitu gaes. Rasanya pun sedikit aneh, tapi begitu masuk ke perut langsung adem seketika. Aku minum gamat ini sehabis makan 3x1 1 sendok makan. Gamat ini sudah habis 2 botol. Efek dari Gamat ini terasa enak dari pemakaian pertama. Harganya sekitar 180.000 di Lazada (beda-beda tiap seller)

Kalian bisa beli Jelly Gamat Gold dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau Shopee (Klik)

Teh Chamomile




Semenjak Gerd, aku gak boleh minum teh yang biasa aku minum. Karena salah satu pantangannya adalah kopi dan teh. Tapi aku pengen minum teh, maka aku carilah teh yang aman untuk penderita asam lambung. Salah satu teh yang di rekomendasikan adalah teh chamomile. Apa sih chamomile itu? Teh chamomile terbuat dari bunga chamomile yang telah dikeringkan. 

Teh chamomile mengandung sifat anti-inflamasi, antispasmodik, dan karminatif, yang membantu menenangkan masalah perut. Minum secangkir teh chamomile dapat meredakan sakit perut, kram menstruasi, sindrom iritasi usus, gangguan pencernaan, dan gas perut. Chamomile juga diteliti dapat menyembuhkan diare berkat sifat anti-inflamasinya. Teh chamomile juga dapat membantu mengurangi refluks asam. (Source by google) . 

Warna tehnya tuh hijau pudar gitu dan rasanya pun aneh. Gak banyak orang suka teh ini termasuk bojoku dan seisi rumah 😂. Mereka bilang tehnya aneh seperti bau kertas. Tapi bagiku ini teh ternikmat yang pernah aku coba. Selain efeknya ke lambung ku, juga membuat suasana hati menjadi lebih rileks dan santai.  Aku minum teh ini ketika sore hari setelah makan dan malam hari sebelum tidur. Bisa kalian tambahkan gula kalau kalian mau. Teh ini tidak ada kafeinnya jadi aman di lambung. Harganya sekitar 100.000ribuan untuk 2 pcs di Lazada. 

Kalian bisa beli Teh Lipton Chamomile dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Sari Kurma



Nahhh, item terakhir yang aku punya yaitu Sari kurma. Sari kurma ada banyak jenisnya ya. Yang aku punya ini adalah yang ada madunya, jadilah Madu Sari Kurma 🤭. Kenapa aku minum ini? Awalnya aku gak minum ini, ini adalah obat herbal yang baru aku beli. Tujuannya adalah agar mengembalikan stamina tubuh, alias biar gak gampang pusing, keliyengan, serta bertenaga. 

Selain itu juga, aku sudah lama tidak mengkonsumsi minuman manis atau gula. Jadilah tensi drop, kurang gula dan gampang keliyengan. Aku sudah mencoba minum teh chamomile pakai gula, tetapi terasa tidak enak 😖. Mungkin karena sudah terbiasa minum apapun tanpa gula kali ya 🤭. Maka dari itu aku minum sari kurma ini biar lebih fit. 

Kandungannya dari sari buah kurma yang di campur dengan madu. Didalamnya terdapat kalium, magnesium, tembaga, besi, vitamin A, vitamin K, vitamin B6, folat, riboflavin, dan niasin yang berkumpul di dalamnya. Tidak heran jika sari kurma juga memiliki manfaat kesehatan yang diperlukan tubuh. Harga nya sekitar 55.000rb di Lazada. 

Kalian bisa beli madu Sari Kurma dengan harga lebih murah di Sini (Klik) atau di Shopee (Klik)

Banyak ya gaes obat herbalnya 😂. Tapi lebih baik begini daripada harus selalu minum obat dari dokter. Walaupun hasilnya lamban tapi pasti kok. Asalkan sabar, telaten dan percaya. Karena kalo kita gak percaya ya sama aja bohong. Yang namanya ikhtiar untuk sembuh, adalah hal yang harus kita lakukan setelah berdoa pastinya. 

Apalagi sebentar lagi kita akan masuk bulan Ramadhan. Aku pengen badanku siap untuk berpuasa, makanya sekarang pun aku sudah mencoba puasa senin kamis. Hasilnya, aku bisa melaluinya. Ya, meskipun harus banyak drama lemes, perut panas dan sebagainya. Karena puasa adalah salah satu metode terbaik dalam penyembuhan asam lambung. 

Oke sekian dulu ceritaku tentang pemulihan gerd. Semoga bisa menjadi inspirasi kalian untuk selalu menjaga kesehatan. Bagi kalian yang sedang mengalami sakit yang sama seperti ku gak ada salahnya mencoba hal-hal yang aku lakukan diatas. Semoga kalian selalu sehat dan yang sakit semoga lekas sembuh dan semangat. 

Dadaah. 

Anda mungkin suka:Tumblemat Matras Udara Terbaik, Cocok Untuk Senam Lantai