Tips Memilih Situs Pinjaman Online Terbaik dan Terpercaya


Tips Memilih Situs Pinjaman Online Terbaik dan Terpercaya - Perkembangan teknologi yang semakin maju membuat berbagai hal bisa dilakukan dengan mudah melalui gadget, mulai dari belanja, memesan makanan, hingga untuk urusan meminjam dana. Meminjam dana secara online dengan mengandalkan gadget memang cukup populer dalam beberapa tahun terakhir ini. 

Karena cukup banyak bermunculan aplikasi pinjaman online yang menawarkan jasanya. Kelebihan meminjam lewat aplikasi pinjaman online ini adalah lebih mudah dan cepat prosesnya. Sehingga tanpa menunggu waktu yang lama, dana pinjaman yang dibutuhkan bisa segera cair dan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Namun pastikan Anda meminjam melalui aplikasi pinjaman online terbaik dan terpercaya.

credit image: https://www.aarp.org/money/investing/info-2017/boomers-paying-bills-smartphones-mobile-banking.html


Meskipun pinjaman online memiliki kelebihan berupa lebih mudah dan cepat prosesnya, namun juga memiliki kekurangan tersendiri. Dimana pinjaman online lebih rentan terjadinya kecurangan atau penipuan, karena semua proses dari awal hingga akhir dilakukan secara online. Sehingga bagi Anda yang tertarik ingin mencari pinjaman online, sebaiknya pastikan Anda memiliki layanan yang terbaik dan terpercaya. Jangan sampai Anda menjadi korban penipuan yang merugikan diri Anda sendiri di kemudian hari.

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar mendapatkan pinjaman online yang terbaik dan terpercaya, berikut ini:

  • Persyaratan tidak sulit.

Suatu pinjaman online dikatakan terbaik jika persyaratan yang dimiliki tidak begitu sulit. Meskipun tiap-tiap pinjaman online memberikan persyaratan yang tidak sama, namun rata-rata ketentuan persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon debitur adalah KTP, NPWP, slip gaji, dan rekening koran. Dengan persyaratan yang tidak terlalu sulit ini, calon debitur akan dengan mudah memenuhinya. Anda bisa mempersiapkan syarat dokumen yang diperlukan tersebut dalam bentuk digital pdf dan jpg.

  • Sudah terdaftar di OJK.

Pinjaman online yang aman dan terpercaya, pastinya harus sudah terdaftar di OJK (Otoritas jasa Keuangan). Karena itu tandanya pinjaman online tersebut sudah mendapat pengawasan, sehingga mereka tidak mungkin melakukan tindakan kecurangan yang merugikan nasabah. Untuk mengetahui pinjaman online yang Anda tuju sudah terdaftar atau belum di OJK, maka Anda bisa mengeceknya di laman resmi OJK.

  • Tidak meminta data perbankan.

Sebaiknya Anda waspada jika ada pinjaman online yang meminta uang muka sebagai syarat utama agar dana pinjaman segera cair. Selain itu, perlu waspada juga jika pihak pinjaman online meminta data perbankan Anda. Karena suatu pinjaman online yang terbaik tidak melakukan hal yang demikian. Biasanya mereka hanya meminta nomor rekening saja, bukan data-data perbankan, seperti nomor kartu kredit, nama ibu kandung, dll. 

  • Pahami kontrak pinjaman.

Sebelum mengajukan pinjaman, terlebih dahulu baca dengan teliti mengenai kontrak perjanjian yang ditawarkan. Jika ada sesuatu dalam kontrak yang dirasa kurang jelas, jangan ragu untuk menanyakannya. Karena di dalam kontrak pinjaman tertuang apa saja yang menjadi hak dan kewajiban dari pihak debitur dan kreditur. 

  • Tidak ada syarat uang muka.

Jika ada pinjaman online yang meminta uang muka sebagai syarat untuk pencairan dana pinjaman, maka bisa dipastikan jika itu penipuan. Karena pinjaman online yang terbaik tidak akan meminta syarat uang muka.

  • Situs dikunci.

Jika pada situs pinjaman online di sisi kiri atas alamatnya memiliki tanda gembok yang artinya terkunci, maka bisa dikatakan keamanannya sudah terjamin. Sehingga layak untuk dituju bagi Anda yang sedang membutuhkan pinjaman dana. 

Itu tadi beberapa tips memilih pinjaman online terbaik yang bisa Anda terapkan. Jika sudah mendapatkan layanan pinjaman online yang terbaik, maka Anda bisa mengajukan pinjaman dana dengan aman dan tenang. Tanpa khawatir akan mengalami hal buruk di kemudian hari.