Kemendibud RI Gelar Masterclass Sambung Rasa, Kenalkan Rempah-Rempah ke Generasi Milenial


Kemendibud RI Gelar Masterclass Sambung Rasa, Kenalkan Rempah-Rempah ke Generasi Milenial - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal  Kebudayaan terus menggerakan program pengenalan rempah-rempah Nusantara kepada publik agar pehamaham tentang sejarah Jalur Rempah dapat hidup di masyarakat, dengan mengadakan Masterclass SAMBUNG RASA: Master Rempah Dunia, pada tanggal 27-29 November 2020, pukul 14.00 – 16.00 WIB,  bertempat di Almond Zucchini Cooking Studio, Jakarta Selatan. 

Penyelenggaraan Masterclass ini  merupakan salah satu bagian dari program Jalur Rempah Kemdikbud, untuk mengenalkan peranan  rempah-rempah Nusantara dalam Diplomasi Budaya Indonesia, dan memberikan gambaran  pemanfaatannya oleh para ahli untuk berbagai bidang kehidupan sehari-hari. 

Kemendibud RI Gelar Masterclass Sambung Rasa, Kenalkan Rempah-Rempah ke Generasi Milenial


Sambung Rasa di sini memiliki arti proses komunikasi menuju pemahaman antar budaya yang digerakkan  melalui gagasan dan perasaan yang berlandaskan kreativitas dan inovasi melalui peluang kerjasama di  berbagai bidang. Sedangkan Masterclass, sesuai namanya, adalah sebuah program belajar dari praktisi  dan pakar (master) di bidangnya untuk memberikan pelatihan praktis kepada publik, dan para Master  yang tergabung dalam acara ini adalah individu yang telah menerapkan semangat “Sambung Rasa” dalam  hidupnya.  

Terbagi ke dalam 3 (tiga) sesi, Masterclass akan mengangkat tema Kesehatan (Health & Wellness),  Gastronomi, dan Kecantikan (Beauty), ditayangkan secara live streaming selama 120 menit dari kanal  media sosial Kemdikbud (Youtube), dan akan dihadiri secara daring oleh komunitas, para siswa-siswi SMK,  Akademi/Institut Pelatihan dan kursus kecantikan, Universitas dengan jurusan Pariwisata & Perhotelan,  jaringan para Master trainer dan masyarakat pada umumnya.  

“Kami ingin mengedukasi calon pelaku usaha, terutama dari kalangan milenial, agar dapat memanfaatkan  rempah-rempah Nusantara serta siap mendukung dan aktif sebagai duta budaya Indonesia." 

"Diplomasi  budaya melalui rempah-rempah Nusantara merupakan faktor kunci untuk menemukan kembali bukti-bukti keterkaitan antara daerah-daerah di Indonesia dengan negara-negara sahabat yang terhubung dalam Jalur Rempah”, demikian pernyataan dari Dr. Restu Gunawan, M. Hum. Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.  

Masterclass Sambung Rasa merupakan salah satu program untuk mensukseskan upaya Pemerintah  Indonesia mengajukan Jalur Rempah sebagai nominasi warisan budaya dunia ke UNESCO, yang bukan  hanya memiliki nilai sejarah semata tetapi karena rempah-rempah Nusantara juga memiliki manfaat bagi  masyarakat di era modern. 

Jadwal Acara & Pembicara:  

  • Jumat, 27 November 2020: Health & Wellness. Pembicara: Nova Dewi Setiabudi (Suwe Ora Jamu)  dan Dr. Pinky Saptandari (UNAIR) 
  • Sabtu, 28 November 2020: Gastronomy. Pembicara: Chef Ragil Imam Wibowo (Nusa Indonesian  Gastronomy Resto), Heni Pridia Rukmini Sari (Akademi Kuliner Indonesia) 
  • Minggu, 29 November 2020: Beauty. Pembicara: dra. Effiati Aryoko, APT. (Budi Andika Selara  Foundation) dan Nuning S Barwa (Pengamat Kecantikan Tradisional). 

Rekaman program ini bisa dilihat di kanal Youtube Kemendikbud RI. 

Anda mungkin suka:Warung Wepede Boyolali, Sensasi Makan Bernuansa Desa