Meskipun Gaji Pas-pasan, Terapkan 4 Langkah Ini Agar Bisa Menabung untuk Naik Haji


Meskipun Gaji Pas-pasan, Terapkan 4 Langkah Ini Agar Bisa Menabung untuk Naik Haji – Haji termasuk salah satu rukun Islam yang wajib dipenuhi oleh mereka yang memang pada dasarnya dari segi keuangan mampu. Hanya saja memang tidak dapat dipungkiri jika seandainya semakin lama nilai setoran haji yang diterapkan jadi semakin tinggi atau besar. Hal inilah yang membuat sebagian besar orang terpaksa untuk memendam keinginan tersebut meskipun pada dasarnya benar-benar ingin berangkat ke tanah suci.


Sebenarnya bukan hal mustahil bagi Anda untuk bisa berangkat ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah yang mulia ini, meskipun dengan gaji yang pas-pasan atau hanya sebatas UMR saja. Cukup terapkan beberapa langkah berikut ini agar keinginan tersebut tercapai, diantaranya adalah:
  1. Segera buat tabungan haji sedini mungkin, tabungan haji ini pada dasarnya termasuk di dalam produk tabungan rencana, dimana Anda bisa membukanya kapan saja, sebaiknya dimulai sejak masih mudah, sehingga sedikit demi sedikit menabung atau dikumpulkan, pada saat usia sudah memasuki 30 tahunan ke atas, maka bisa berangkat ke tanah suci.
  2. Konsisten atau disiplin dalam menabung, setelah tabungan dibuka, maka Anda juga harus konsisten di dalam mengisinya, agar niat yang dari awal diinginkan tersebut kelak bisa terlaksana. Targetnya adalah dengan menyesuaikan jumlah dana yang ditabung dengan pendapatan atau income yang Anda miliki.
  3. Carilah penghasilan tambahan, jangan ragu untuk memanfaatkan skill atau kemampuan yang Anda miliki untuk mencari-cari penghasilan tambahan, misalnya di era serba teknologi seperti sekarang ini ada cukup banyak orang yang meluangkan waktu senggangnya untuk menjadi ojek online ataupun juga dengan berbisnis, sebagai salah satu upaya mendapatkan pemasukan tambahan.
  4. Terapkan pola hidup hemat, tidak bisa dipungkiri juga jika seandainya gaya hidup Anda juga sangat menentukan isi dalam tabungan, karena memang semakin hemat, maka nantinya akan semakin banyak uang yang di save dan bisa masuk kedalam tabungan Anda.
Dengan 4 langkah tersebut maka Insha’Allah keinginan untuk berangkat ke tanah suci juga dapat terkabul, mulai terapkan sejak masih muda.