eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Alila Solo Bersama Yayasan Lentera Dukung Perbaikan Lingkungan ADHA

Alila Solo Bersama Yayasan Lentera Dukung Perbaikan Lingkungan ADHA - Belum lama ini Alila Solo menggandeng Yayasan Lentera Surakarta melakukan perbaikan di area lingkungan tinggal Yayasan Lentera. Selain itu, juga ada tim dari Solo Safari melengkapi dengan kegiatan bermain dan belajar untuk menghibur adik-adik ADHA (Anak dengan HIV/AIDS). Perbaikan selesai pada tanggal 27 April 2024, dan lingkungan tempat tinggal Yayasan Lentera menjadi lebih nyaman. Kerjasama ini memberi kami banyak pelajaran berharga tentang kelompok marginal ADHA. 

“Ketika Global Month of Service (GMOS) dari Hyatt tiba, kami berupaya untuk terlibat dalam kegiatan sosial yang tulus, berkelanjutan, dan memiliki dampak langsung baik dalam jangka pendek maupun panjang. Kami senang bahwa kami dapat bertemu dengan Yayasan Lentera Surakarta. Ketika kami pertama kali bertemu dengan anak-anak tersebut, kesan pertama kami adalah bahwa "mereka hebat" meskipun mereka menghadapi masalah kesehatan, ekonomi, dan sosial."

Alila Solo Bersama Yayasan Lentera Dukung Perbaikan Lingkungan ADHA


"Kami bekerja sama untuk memperbaiki dan merawat rumah mereka, menyumbangkan bahan dasar dan peralatan operasional, serta alat pendidikan, dan membawa mereka berlibur sebentar. Kami berharap program ini dapat membantu mereka dan meningkatkan kesadaran bahwa orang yang hidup dengan HIV/AIDS, terutama anak-anak, tidak boleh dijauhi melainkan harus dirawat,” kata Faisal dari Alila Solo dengan penuh semangat. 

Mengenal “ODHA” (Orang dengan HIV/AIDS)

Bukan hal yang asing apabila mungkin muncul kekhawatiran, bahkan ketakutan tersendiri ketika Anda harus berhadapan dengan ODHA, mempertimbangkan dalamnya stigma yang melekat pada ODHA saat ini. 

Stigma terhadap mereka yang hidup dengan HIV AIDS adalah salah satu bukti ketidakmerataan persebaran informasi mengenai ODHA di kalangan masyarakat luas. Ketidakpahaman mengenai pola transmisi dari HIV/AIDS ini juga kerap menimbulkan masalah baru yang sebagian besar terjadi dalam bentuk diskriminasi terhadap ODHA.   

Sebagai upaya mengurangi stigma terhadap ODHA, kita bisa mulai dengan mengedukasi diri dan teman-teman kita. Kemudian, daripada mengandalkan informasi yang mungkin terlanjur bias dan sudah ketinggalan zaman, kita bisa meluangkan sedikit waktu untuk mencari tahu fakta, data statistik, hingga pengobatan mengenai penyakit ini. Kita juga bisa belajar dari pengalaman berkunjung langsung dan melihat bagaimana kita bisa membantu mereka dengan lebih baik. 

Pemerintah sudah memberikan banyak program penyuluhan dan bantuan untuk ODHA yang bisa diakses dengan mudah oleh seluruh lapisan masyarakat, tapi implementasi bantuan pada realitanya masih jauh dari ideal. Kesulitan mengakses bantuan ini, membuat mereka cenderung harus bergantung pada bantuan langsung dari masyarakat untuk sekedar bertahan hidup.  

Baca juga:Pinete Coffee Bistro, Sensasi Kuliner di Tengah Hutan Pinus Sarangan

Yayasan Lentera Surakarta Fokus Membantu ODHA

Sejak tahun 2008, beberapa orang relawan yang mempunyai perhatian pada isu pemberdayaan dan kesehatan masyarakat terutama ODHA dan juga ADHA (Anak Dengan HIV AIDS), mendirikan Yayasan Lentera. 

Hingga pada tahun 2019, atas komitmen dan program-program yang mereka jalankan, Kementerian Sosial Republik Indonesia memberikan penghargaan kepada Yayasan Lentera. Meskipun akhirnya telah mendapatkan akreditasi pada tahun 2021, operasional sehari-hari Yayasan Lentera masih penuh dengan tantangan. Stigma dan diskriminasi kerap mereka jumpai. 

Salah satu akibatnya, mereka tidak bisa bertahan di satu tempat dalam jangka waktu lama karena penolakan dari masyarakat. Hal ini juga mengakibatkan lingkungan hidup mereka pun cenderung nampak kurang terurus dan kumuh. 

Peran yang Dilakukan Hotel Alila Solo

Alila Solo Bersama Yayasan Lentera Dukung Perbaikan Lingkungan ADHA


Kami juga sadar, seringkali pengunjung hotel tidak punya cukup waktu untuk ikut serta dalam kegiatan bakti sosial di luar jadwal yang mereka siapkan. Jikapun terpikir dan ingin, dalam keterbatasan semacam itu, adakah sarana hotel yang mungkin untuk menjadi perpanjangan tangan pengunjung untuk membantu komunitas lokal di sekitar hotel? 

Komitmen kerjasama Alila Solo untuk Yayasan Lentera tidak berhenti sampai di sana. Alila Solo juga berencana untuk melibatkan Yayasan Lentera sebagai penerima utama program Giving Bag yang akan segera diinisiasi kembali di tahun 2024 ini.  

Giving Bag Adalah sebuah jenama yang telah memenangkan berbagai penghargaan atas inisiasinya untuk, menyalurkan barang-barang yang tidak terpakai milik tamu hotel, kepada kelompok masyarakat yang lebih membutuhkan. Organisasi yang berdiri pada tahun 2013 ini telah bekerjasama dengan berbagai properti hotel di seluruh dunia.   

Pada kesempatan ini, Alila Solo berkomitmen untuk menyediakan Giving Bag di kamar-kamar kami untuk bisa diisi oleh tamu yang memiliki barang-barang yang dirasa sudah tidak dibutuhkan lagi. Kami kemudian akan menyortir kembali lalu menyalurkan kepada kelompok yang lebih membutuhkan, salah satu diantaranya adalah Yayasan Lentera. Kolaborasi ini adalah harapan kami untuk membangun jembatan antara kelompok ODHA dan ADHA, dengan masyarakat yang lebih luas.  

Jika Anda tertarik untuk bergabung dalam inisiasi dan memutuskan untuk menginap bersama Alila Solo, anda bisa mengakses https://www.alilahotels.com/solo/offers/members-save-more-in-asia-pacific/?src=prop_paidsoc_socal_alila_insta_pacific_pacific. 

Anda mungkin suka:Pengalaman Menginap di Hotel Satoria Jogja, Ternyata Begini...
Posting Komentar

Posting Komentar