eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Service Motor Dengan Pelayanan Prima di Planet Ban

Service Motor Dengan Pelayanan Prima di Planet Ban - Halo semua, apa kabar? Semoga dalam keadaan baik ya aamiin πŸ˜‡. Kali ini aku mau share sedikit pengalamanku tentang motor, lebih tepatnya perawatan motor. Jangan salah loh, aku walaupun perempuan sedikit sedikit paham kok tentang motor. Karena sejak aku kuliah dulu selalu service motor sendiri ke bengkel.


Nah, dari situ aku selalu dijelasin sama mekaniknya apa saja yang rusak, apa saja yang harus diservice atau diganti dan fungsinya apa aja. Motorku bisa terbilang jam terbangnya cukup tinggi, karena jarak tempuh disetiap harinya cukup banyak. Maka dari itu, kalian harus paham bagian motor mana saja yang harus selalu diperhatikan agar performa motor kita selalu prima. Berikut beberapa hal penting yang harus kalian cek ketika service motor ;

1. Oli Mesin

Ini adalah hal pertama yang harus kalian perhatikan. Semakin jauh jarak tempuh motor kalian, maka daya lumas oli semakin berkurang. Hal ini disebabkan oleh suhu mesin yang tinggi saat bekerja. Ketika daya lumas oli berkurang, proteksi terhadap komponen mesin dari gesekan saat bekerja pun ikut berkurang. Itulah alasan mengapa kita perlu mengganti oli motor matic dalam jarak waktu tertentu. Tapi biasanya pabrikan merekomendasikan penggantian di jarak tempuh 2500km.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani
memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini
dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih
kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil
tertinggi di kelas oli.

2. Oli Gardan

Kalian pakai motor matic? Jika iya, selain oli mesin ada oli gardan yang harus diganti secara teratur. Fungsi oli gardan adalah untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT). Waktu penggantiannya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

3. Busi

Busi ini adalah salah satu komponen penting yang kadang terlupakan. Bahkan sampai harus motor mogok dulu agar tau keadaan busi yang ternyata sudah mati. Busi adalah part atau bagian di motor yang fungsinya untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Jika busi tak berfungsi baik, maka bisa menyebabkan motor sulit dinyalakan. Untuk itu diperlukan penggantian busi. Jangan lupa dicek ya gaes πŸ‘.

4. Kampas Rem

Kampas rem ini juga harus diperhatikan loh. Fungsi rem itu bergantung pada ketebalan kampas rem. Perlu dicek apakah kampas rem masih tebal atau sudah saatnya ganti. Ini penting banget loh, karena menyangkut keselamatan. Kalau rem motor gak pakem, bisa berisiko terjadi kecelakaan.

5. Filter Udara

Guna menjaga kenyamanan berkendara, filter udara juga perlu di cek. Filter udara ini berfungsi sebagai penyaring kotoran pada udara bebas dari luar yang masuk ke ruang bakar. Jika filter udara kotor, dapat menyumbat sistem injeksi / karburator yang berpotensi membuat motor mogok.

6. Aki atau Accu

Pernah gak sih kalian susah starter motor? Itu ada kemungkinan disebabkan oleh aki yang tekor atau soak. Tegangan aki idealnya berada pada 12,3-12, 6 Volt dalam kondisi mati. Nah, kalau pada posisi mesin menyala tegangan aki berada pada 13,7-14, 2 Volt. Kalau tegangan aki tidak sesuai ketentuan tersebut, kemungkinan aki sudah rusak dan harus diganti.

7. Ban

Kalau untuk ban motor, aku rasa kalian sudah paham lah ya. Bisa kita cek sendiri di rumah (ketika hendak berpergian). Kalian harus selalu mengecek apakah ban motor kita itu dalam kondisi baik. Baik dalam artian tidak bocor/kempes dan tidak gundul. Kalau dirasa ban motor sudah gundul, ada baiknya untuk segera ganti ban. Agar perjalanan menjadi lebih nyaman. Kalau ban motor kita gundul, mengakibatkan licin saat hujan, gampang bocor dan bisa meletus juga loh karena sudah tipis.

8. Tune Up Motor Rutin

Supaya performa motor prima, juga harus rajin tune up. Kalian tau tune up gak sih? Tune up motor adalah bagian dari service rutin yang fokus pada pemeriksaan komponen-komponen yang berkaitan dengan performa motor secara umum. Seperti tekanan ban, cek tegangan rantai, cek kondisi V Belt untuk motor matic, fungsi rem, klakson, lampu-lampu dan cek kebersihan karburator atau injektor.

Selain itu, tune up juga disertai dengan cek kondisi oli. Baik oli mesin ataupun oli gardan. Serta cek spare part yang berkaitan dengan mesin. Adakalanya, oli mesin dan oli gardan serta beberapa spare part perlu diganti. Tapi tenang saja, biasanya mekanik melalukan konfirmasi atau persetujuan pada pemilik motor sebelum penggantian.

Bengkel Service Motor Terbaik

Pemilihan tempat service (bengkel) motor itu adalah hal yang sepele tapi penting. Karena kita harus tau kualitas mekaniknya, ketersediaan spare part dan pelayanan yang diberikan. Mungkin kalian bisa coba service motor kalian di Planet Ban. Kenapa harus di Planet Ban? Karena disini kalian bisa mendapatkan service motor rasa mesin baru. Rasa mesin baru itu apa sih maksudnya πŸ€”?

Service Motor Dengan Pelayanan Prima di Planet Ban


Nah service motor rasa baru ini adalah sistem service terpadu yang menyeluruh. Tujuan dari service ini adalah untuk meningkatkan performa dan ketahanan motor. Layaknya motor baru dengan cara yang cepat dan biaya yang lebih hemat.
Service motor rasa baru ini meliputi, bagian vital mesin yang letaknya tersembunyi dan biasanya jarang diservice atau di setel secara rutin.

  • Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan
  • performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet ( jarang rusak)
  • Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih
  • nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng
  • Penggantian oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali), sehingga kamu tidak perlu sering ke bengkel.
  • Biaya servis jadi lebih hemat.
  • Selain itu, kalian juga bisa ikut berpartisipasi dalam memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi yang dihasilkan motor ikut berkurang.

Bedanya Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat Lain

Pasti kalian bingung deh, apa bedanya service di tempat selain planet ban 😁. Sini sini, aku jelasin. Kalau kalian service di tempat lain, pasti masih suka ada kotoran,debu dan sisa pembakaran yang ketinggalan di dalam mesin motor. Gak jarang pula ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor terasa berat.

Service Motor Dengan Pelayanan Prima di Planet Ban

Lain cerita kalau kalian service rutin di Planet Ban. Karena seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan sampai terlihat seperti baru 😍. Tak terkecuali kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body juga ikut dibersihkan sampai bersih dan sampai terlihat seperti baru πŸ‘. Service di Planet Ban ini bikin motor kalian seperti motor baru. Tarikan jadi lebih enteng dan emisi turun lebih dari 70%. Hemat BBM dan mesin motor jadi bersih total.

Kepo gak sama biaya service di Planet Ban? Tenang aja, gak mahal kok. Karena cukup membayar Rp20.000 saja (untuk motor injeksi), service CVT sekaligus rantainya Rp19.500 serta service throttle body juga cuma Rp20.000.

Gimana? Murah kan πŸ˜πŸ‘. Harga murah tapi hasil dan kualitas layanan yang diberikan Planet Ban gak murahan. So, tunggu apalagi. Yuk service motor kesayangan kalian di Planet Ban. Dan dapatkan layanan terbaik untuk service motor rasa baru.

Oke sampai disini dulu info seputar tempat service motor favorit aku, semoga bermanfaat untuk kalian semua.
Dadaaah.

6 komentar

6 komentar

  • Anonim
    Anonim
    November 25, 2023 4:46 PM
    Belum pernah service di planet ban. Kirain disitu cuma tempat beli ban aja, ternyata bisa untuk service juga ya πŸ‘
    Reply
  • Ditya Tuxlin
    Ditya Tuxlin
    November 25, 2023 4:39 PM
    Bener ini... Soalnya dulu pernah mogok, gegara jarang di cek sama servis wkkwkw
    Reply
  • ana ike
    ana ike
    November 25, 2023 3:56 PM
    Aku juga termasuk yang rewel soal perawatan rutin kendaraan nih.
    Soalnya motor apalagi matic tu beneran kerasa bedanya yang rutin dirawat sama nggak. Dan milih bengkelnya pun juga harus cari yang rekomen.
    Reply
  • Tya Swan
    Tya Swan
    November 25, 2023 2:50 PM
    Wah Planet Ban udah bisa servis motor ya? Maklum, kudet hehhee... Boleh lah nanti coba servis Mio ku ke sana, siapa tahu cocok
    Reply
  • Anonim
    Anonim
    November 25, 2023 1:34 PM

    Disini ada Planet Ban rame terus. Kirain cuma buat ganti ban aja, ternyata bisa service juga. Nanti coba tanya-tanya dulu deh kesana tentang busi. Kebetulan motor agak susah nyala sekarang ini.
    Reply
  • Anonim
    Anonim
    November 25, 2023 1:26 PM
    Suka males banget buat ganti oli, padahal kalau abis ganti oli tuh motor tarikannya jadi enteng. Namanya juga cewe, cuma bisa pake motor aja πŸ˜…tapi gak ngerti masalah motor.
    Reply