Benarkan Air Alkali Dapat Mencegah dan Mengobati Kanker?


Benarkan Air Alkali Dapat Mencegah dan Mengobati Kanker? – Alkali merupakan salah satu produk air yang diklaim mampu memberikan efek penyembuhan berbagai penyakit, termasuk kanker. Tak hanya itu saja, jenis air ini juga diklaim aman dikonsumsi sehari-hari dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Lantas benarkah demikian? Benarkah air alkali terbaik dapat membantu mencegah dan mengobati kanker?

Sebenarnya Apa Sih Air Alkali Itu?

Alkali merupakan air yang bersifat basa dengan pH di atas 7. Lain halnya air biasa dengan pH di bawah 7. Semakin besar kandungan ion hidrogen, maka cairan tersebut akan bersifat asam dan semakin rendah ion hidrogen maka cairan tersebut akan bersifat basa. Terlebih lagi tingkat keasaman memiliki peran penting dalam kelangsungan hidup makhluk hidup.

Benarkah Air Alkali Dapat Mengobati Kanker?

Sebenarnya air alkali sendiri tidak bisa menyembuhkan kanker. Hanya saja air alkali dapat membuat keseimbangan asam dalam tubuh meningkat dan dehidrasi dapat teratasi dengan baik dibanding air biasa. Meski demikian terlalu banyak meminum air alkali juga memiliki efek samping mulai dari lelah, pilek, sakit kepala, nyeri otot, dan gas berlebih.

Kondisi ini memang sangat umum terjadi karena tingkat pH dalam tubuh menjadi lebih tinggi atau terlalu basa. Tak hanya itu saja, biasnya perut membutuhkan asam untuk mencerna makanan. Untuk itu mengonsumsi air alkali sesegera mungkin setelah makan sangat tidak disarankan. Sebab hal ini akan mengganggu proses pencernaan.

Benarkan Kadar Asam Dalam Tubuh Dapat Memicu Kanker?

Banyak orang mengatakan jika air alkali dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker karena sel kanker tumbuh di lingkungan yang terlalu asam. Padahal sebenarnya hal ini terjadi karena sel kanker memiliki proses metabolisme yang sangat cepat sehingga menghasilkan metabolisme bersifat asam yang jauh lebih banyak dibanding sel normal.

Kok Ada yang Sembuh Setelah Mengonsumsi Alkali?

Hal ini mungkin terjadi karena adanya efek placebo. Placebo merupakan zat yang tidak memiliki efek pengobatan namun dapat meningkatkan kesehatan karena pasien percaya jika zat tersebut mampu menyembuhkan. Di sisi lain adanya promosi mengenai manfaat air tersebut atau memang ada komponen lain dalam air tersebut yang ikut berperan.

Jadi tidak ada dasar ilmiah yang menyatakan jika air alkali dapat menyembuhkan dan mencegah kanker. Usaha meminum air alkali untuk mencegah dan mengobati kanker didasarkan pada pemahaman yang salah. Namun dengan mengonsumsi Pristine mampu membantu menyeimbangkan kadar asam dalam tubuh.