Kopi Joss Ala Kisah Foto Blog, Mantab!

Kopi Joss adalah minuman unik asal Jogja yang mantap. Beberapa waktu lalu saya sempat membahas Kopi Joss Jogja yang berada di Jalan Wongsodirjan. Setelah lama tidak ke Jogja, saya kangen juga dengan Kopi Joss ini, hihihihi… Alhasil daripada harus jauh-jauh ke Jogja, mending saya bikin sendiri saja Kopi Joss di rumah. kebetulan bapak saya habis beli arang yang merupakan salah satu bahan untuk membuat Kopi Joss.


Kopi Joss Ala Kisah Foto Blog_04

Persiapan Bahan Kopi Joss Ala Kisah Foto


  • Kopi Bubuk
  • Arang
  • Air Panas
  • Tambah gula sesuai selera

Kopi Joss Ala Kisah Foto Blog_01

Pembuatan Kopi Joss Ala Kisah Foto

Langkah pertama dalam pembuatan Kopi Joss ala Kisah Foto Blog adalah kita masak air dulu sampai matang, hihihihi… Masak kopi bubuk hitem dihajar air dingin nanti nggak mantap, hehehehe… Selagi air direbus, kita bakar arang yang telah disiapkan. Berhubung saya nggak punya panggangan sate, arang saya bakar di atas kompor gas sampai warnanya merah membara seperti foto di bawah ini.
Kopi Joss Ala Kisah Foto Blog_02

Baca juga: Tolong! Cokelat Isi Durian Ini Meledak di Mulutku…!

Siapkan cangkir dan tuangkan kopi sesuai selera ke cangkir. Pada posting kali ini saya menggunakan kopi bubuk Timor Leste yang lumayan mantap tanpa dikasih gula. Nah kalo pembaca nggak biasa minum kopi tanpa gula, ya tambah gula aja gan sesuai selera… Asal nggak ditambah kecap atau garam saja, hahahahaha… Setelah air matang, tuangkan air panas tersebut ke cangkir berisi kopi dan aduk hingga merata. Oiya, nuangin airnya jangan sampai penuh agar ketika arang dimasukkan tidak luber kopinya, wkwkwkwkw…
Kopi Joss Ala Kisah Foto Blog_03 Woke, setelah kopi sudah diaduk rata dapat dilanjutkan dengan memasukkan arang yang sudah membara tadi ke cangkir. Cara masukinnya gampang gan, ambil aja arang membara dan masukin ke cangkir… Karena tangan saya tidak tahan panas, saya pakai bantuan tang untuk mengakat arang membara tadi, hehehehe… Nah buat kamu yang merasa hebat, ambil arangnya pake tangan aja, hihihi… Masukin tu arang panas membara ke cangkir kopi panas… Akan terdengar bunyi cussss….

Baca juga: Bermain Ombak di Pantai Baru Bantul

Kopi Joss Ala Kisah Foto Blog_05 Secangkir Kopi Joss ala blog Kisah Foto sudah dapat dinikmati. Saran saya, tunggu agak dingin kopinya baru diminum… Tapi kalo kamu hebat dengan bibir baja, bisa langsung dicoba tuh kopi panas, hihihihi… Biasanya saya menutup kopi panas tersebut dengan tutup cangkir dan menantinya hingga hangat. Setelah itu baru deh dinikmati… sruput…sruput… :D Sampai di sini dulu posting kali ini, semoga bermanfaat :D

Anda mungkin suka: Langkah Instal Netrunner 14 Frontier Linux

Artikel Kisah Foto Lainnya :

11 comments:

  1. Wii mantap nie bikin sendiri

    BalasHapus
  2. Tetep... saya kopi sukanya yg dingin atau blended. Kalo anhet tuh rasanya pait,,gak bisa mulut saya,,huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak cocok berarti mbak, hehehe :D

      Hapus
  3. Biasanya, kalau aku minum kopi pakai gula. Atau bisa dibilang, gula dikasih kopi. Kopi manis maksudnya.. Hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kopi manis dong, hehehehe... saya kurang suka yang manis sih, hehehehe

      Hapus
  4. Hmmm .. arangnya ini nih yg sulit ditemui di sini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah di jerman nggak ada yang jualan arang ya mbak :D

      Hapus
  5. terima kasih atas infonya gan,
    maaf bikin spam ya gan,ini web buat tugas seo bukan untuk jualan
    http://jualkaosdota2.besaba.com/

    BalasHapus
  6. widih ... DIY nih :-D .... mantab! ..

    BalasHapus

Copyright © 2015 Kisah Foto | a Tuxlin Blog Networks | Partner Laptophia Blog