Pantai Pok Tunggal, Surga di Gunungkidul

Pantai Pok Tunggal_0010
Pantai Pok Tunggal adalah salah satu pantai favorit saya di Gunungkidul yang menawarkan keindahan pasir putih dan terdapat pohon duras yang menempel (ngepok) di pintu masuk seperti foto di atas. Lokasi pantai Pok Tunggal ini berada di kecamatan Tepus, kabupaten Gunungkidul, provinsi DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta). Pantai Pok Tunggal ini relatif mudah dijangkau karena sejalur dengan pantai Indrayanti (Pulang Syawal). Jarak pantai Indrayanti dengan pantai Pok Tunggal ini hanya sekitar 3 KM. Pertengahan tahun 2012 adalah pertama kali saya mengunjungi pantai Pok Tunggal. Saat itu jalan masuk pantai Pok Tunggal hanya berupa gang kecil yang belum diaspal. Awalnya saya mendapatkan info mengenai pantai Pok Tunggal dari teman saya yang saya juluki “Ahli Pantai” dan dengan modal nekat saya mencoba mencari lokasi pantai Pok Tunggal ini berdasarkan petunjuk dari teman saya tersebut.

Pantai Pok Tunggal_0008
Mendekati pintu masuk pantai Indrayanti atau Pulang Syawal, saya melihat petunjuk mengenai lokasi pantai Pok Tunggal seperti pada gambar di atas. Tanpa ragu, saya bersama keluarga langsung belok sesuai dengan petunjuk di atas.
Pantai Pok Tunggal_0009Pantai Pok Tunggal_0011
Jalan menuju Pantai Pok Tunggal waktu itu belum diaspal sekarang kayaknya juga belum diaspal kok, hehehehe…Smile with tongue out Jalan menuju pantai Pok Tunggal masih berupa tanah dan batu-batu kapur. Tak heran saat melalui jalan ini menggunakan sepeda motor, berasa naik motor trail, wkwkwkw… Pastikan ban motor Anda sehat sebelum melalui jalan masuk pantai Pok Tunggal, dari pada nanti tiba-tiba bocor kan berabe Smile with tongue out.
Pantai Pok Tunggal_0001
Akhirnya sampai lokasi pantai Pok Tunggal juga, hehehe… Foto di atas adalah tempat parkir yang belum mendapat sentuhan pembangunan. Bagaimana keadaannya sekarang? Sekatang lokasi pada foto di atas sudah dipenuhi oleh warung makan dan mobil-mobil pengunjung Disappointed smile
Pantai Pok Tunggal_0007
Foto di atas adalah pintu masuk menuju pantai Pok Tunggal. Saat saya mengunjungi pantai ini pada 2012 lalu, pantai Pok Tunggal masih sangat sepi dan gak ada orangnya!  Serasa pantai milik sendiri bersama keluarga, hehehe… Pasir pantai Pok Tunggal yang berwarna putih ini juga tak ada jejak kaki manusia dan gak ada yang disebut sampah di pantai Pok Tunggal ini Winking smile.
Pantai Pok Tunggal_0006
Garis pantai Pok Tunggal ini cukup panjang dan tidak terlalu banyak karangnya, Sedangkan bagian belakang pantai terdapat tebing kapur yang cukup tinggi yang ditumbuhi tanaman hijau membuatnya terlihat asri, sementara lautnya berwarna biru dan bersih. Air laut di pantai Pok Tunggal ini bener-bener bening gak ada tuh yang namanya sampah plastik dan botol air mineral yang terlihat Smile. Pantai Pok Tunggal saat itu benar-benar sapi sepi, gak ada kamar mandinya, apalagi mushola, sehingga saat itu saya mandi di pom bensin terdekat setelah puas bermain ombak hehehe…. Terakhir saya mengunjungi pantai Pok Tunggal, telah mendapat sentuhan pembangunan dan mungkin sekarang fasilitasnya lebih lengkap.
Pantai Pok Tunggal_0003
Pasir pantai Pok Tunggal tunggal ini juga terdapat batu-batuan unik, rumah keong, rumah kerang, dan saya nemu kepala Lobster, seperti foto di atas. Masih banyak biota laut yang ada di sekitar pantai Pok Tunggal ini, sebut saja bintang laut, keong, kepiting, dan hewan-hewan laut yang bentuknya aneh-aneh, hehehe… Tak heran ketika saya tiduran di atas pasir ada beberapa kepiting berukuran kecil yang berkeliaran di sekitar saya, hehehe…
Pantai Pok Tunggal_0005
Bagian barat pantai Pok Tunggal terdapat karang yang lumayan oke buat foto narsis, hehehe… Ombak pantai Pok Tunggal ini tak terlalu besar, sehingga cukup aman untuk bermain anak-anak. Meski demikian, orang tua musti wajib ngawasin anak-anak yang main air di pantai Pok Tunggal ini. Sekalem-kalemnya pantai Pok Tunggal, pantai ini masih pantai laut selatan Smile.
Pantai Pok Tunggal_0004
Seperti biasa, empunya blog Kisah Foto musti nampang di akhir postingan, hehehehe… Keindahan yang ditawarkan pantai Pok Tunggal ini memang luar biasa, tak berlebihan jika saya sebut sebagai surga di Gunungkidul. Saya sendiri saat megunjungi pantai Pok Tunggal pada tahun 2012 ini merasa bahwa itu adalah pantai pribadi, lha gak ada satu orang pun di sana, hehehehe… Smile with tongue out. Penasaran dengan pantai Pok Tunggal? Kunjungi saja pantai Pok Tunggal, tapi sekarang udah berubah sih Smile.

Artikel Kisah Foto Lainnya :

16 comments:

  1. rupanya gunung kidul banyak menyimpan pantai yang indah

    BalasHapus
  2. wah belum pernah saya ke pantai itu. Kalau pantai glagah sih udah pernah hehehe :D Rame banget di pantai glagah, tapi pantai nya sempit banget :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Glagah saya malah belum, hehehe menarik juga tuh.... Btw mampir ke pantai Pok tunggal mbak, keren lho :D

      Hapus
  3. Saya taunya wisata di jogja itu marioboro atw parangtritis,,
    ternyata masih banyak juga wisata di jogja..
    suatu saat klo ada waktu pngn backpackeran ke sana..

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak wisata yang keren2 di Jogja mas, saya nyarinya yang masih sepi, hehehe :D

      Hapus
  4. wah .. kl ke sana pas hbs hujan becek juga ya bro jalan menuju ke sana ?

    keren bgt kl nggak ada org bgt, berarti msh termasuk perawan ya bro pantainya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak, becek dan licin kalo habis hujan, hehehe...

      ini pantai memang mantap mbak, masih perawan, sepi, top pokoknya :D

      Hapus
  5. ya semoga msh perawan terus ya bro, susah soalny akl ramai pengunjungnya biasanya sampah di mana mana, walau kali sdh disediakan tempat sampah, bener nggak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget itu mbak, kesadaran orang Indo untuk menjaga kebersihan memang payah... tak heran sekarang banjir di mana2 juga karena faktor sampah... Sampah di Indonesia itu udah kayak demokrasi mbak, sampah dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat, hahahaha :D

      Hapus
    2. wadewww .. serem bro, andai org Indo lihat Jerman pasti malu deh, di sini org makan permen aja kl kepepet nggak ketemu tempat sampah dimasukkan dulu tuh bro bungkus permennya ke saku sampai ketemu tempat sampah baru dibuang

      enaknya gmn ya bro spy org bisa buang sampah di tempatnya ?

      Hapus
    3. Yah susah mbak mengubah kebiasaan msyarakat, yang saya bisa lakukan ya ubah kebiasaan diri sendiri dulu dan orang2 sekitar kita :)

      Hapus
  6. wah asyik juga ya kalau bisa ke surga nya gunung kidul. Tapi akses menuju kesana nya yang butuh perjuangan ya mas, soalnya jalan nya naik turun gunung :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perjuangannya dikit og mbak, sepadan dengan keindahan yang ditawarkan :)

      Hapus
  7. KAK..PLEASE SAYA BELUM KESAMPAIAN K PANTAI POK TUNGGAL *banting orang
    T.T ahh ya ampun padhl pas k jogja dulu pantai ini masuk dalam daftar kunjungan tp malah ga jd...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah pantai pok tunggal sekarang jangan dibayangin kayak foto di atas yah, soalnya udah ramai sekarang, hehehe :D

      Hapus

Copyright © 2015 Kisah Foto | a Tuxlin Blog Networks | Partner Laptophia Blog . .