Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tim Kitchen The Alana Hotel Solo Sabet Juara Nasional Kompetisi Memasak se-Indonesia

Tim Kitchen The Alana Hotel Solo Sabet Juara Nasional Kompetisi Memasak se-Indonesia - The Alana Hotel & Convention Center Solo lagi-lagi mengukuhkan diri menjadi Hotel dengan Chef terbaik setelah menyabet gelar Juara dalam Food, Beverage, and Chef (FBC) Festival 2022 yang diselenggarakan pada 14 - 16 Oktober lalu di De Tjolomadoe. Tidak hanya itu, hotel dengan predikat hotel berbintang terbaik se-Jawa Tengah tersebut menjadi masuk dalam 5 besar dari seluruh hotel Archipelago se-Indonesia dengan hidangan Rijsttafel dan berhasil meraih gelar runner up.

Dalam kompetisi di Food, Beverage, and Chef (FBC) Festival 2022, The Alana Hotel & Convention Center Solo mewakili tim merah dan beranggotakan Chef Pian Gunawan selaku Executive Chef, Chef Firman selaku Executive Sous Chef, serta Chef Ramdan selaku Chef dari The Alana Hotel & Convention Center Solo. 

Tim Kitchen The Alana Hotel Solo Sabet Juara Nasional Kompetisi Memasak se-Indonesia


Ketiganya sukses memasak Black Box dengan bahan-bahan unik seperti Ikan Makarel, daun singkong, jamur, tepung beras, tepung maizena, dan bahan unik lainnya yang belum diketahui oleh para peserta sebelumnya.

Baca juga:Bernostalgia Makan di Texas Chicken Solo

“Pada kompetisi tersebut, Kami memasak menu dari 3 (tiga) daerah berbeda yakni menu dari Bali, Padang, dan Sunda. Hidangan Bali menjadi menu appetizer Kami dengan menu Mackarel Cekuh lengkap dengan acar wortel, untuk hidangan Padang menjadi menu main course di mana Kami membuat Seafood Saus Padang, sedangkan menu Sunda diwakilkan dengan Colenak sebagai dessert atau hidangan penutup,” kata Pian Gunawan. 

Ketiga perwakilan dari Kota Bengawan tersebut nyatanya berhasil mempertahankan gelar sebagai Juara pertama setelah berhasil memenangkan kompetisi yang sama 1 tahun lalu. Oleh karena itu, ketiganya nantinya berhak untuk menjadi perwakilan Jawa Tengah dalam Chef of The Year 2023 yang akan diselenggarakan pada Maret 2023. 

Chef Yongki Gunawan, Chef Mariska Khun, Chef Adzan  Budiman, Chef Chandra Yudasswara, Chef Susanto Santos, kelima Judges Committee tersebut menjadi tim penilai dan sepakat memilih tim The Alana Hotel & Convention Center Solo menjadi pemenang.

Di tempat lain, The Alana Hotel & Convention Center Solo Solo juga meraih gelar Runner Up dengan hidangan andalan Rijsttafel Sundanese Cuisine dalam Archipelago Young Chef Challenge pada Hari Jumat (14/10) di Quest Hotel San Denpasar. 

The Alana Hotel & Convention Center Solo diwakili oleh Chef Firman dengan menu Rijsttafel Sundanese Cuisine seperti Sop Iga Kacang Beureum, Sangu Tutug Oncom, Bebek Goreng Parahyangan, Gurame Sambeul Rujak, Sate Marangi, Geupuk Jeujeut, Ase Cumi Cabe Gendot, Ulukuteuk Leunca, Tumis Toge Sambeul Dadak, tidak lupa hidangan penutup berupa Es Ketan Hideung.

Menu khas dari Bumi Parahyangan tersebut berhasil merebut hati para dewan juri yang tidak lain adalah eksekutif Archipelago yakni John Flood selaku President and CEO Archipelago International, Charles Brookfield selaku Chairman Archipelago International, serta Winston Hanes selaku Vice President of Operations Archipelago International. 

Bahan yang digunakan dalam pesta perak Archipelago tersebut terjaga orisinalitasnya karena didatangkan langsung dari Bandung, Jawa Barat. Tidak hanya itu, Chef Firman sendiri merupakan Chef yang memang lahir dan besar di Jawa Barat.

“Kami, tim Kitchen dari The Alana Hotel & Convention Center Solo, patut berbangga karena telah berhasil membawa nama harum Kota Solo menjadi 2 (dua) besar dalam kompetisi se-Indonesia. Apalagi, menu yang Kami bawakan tersebut dinikmati tidak hanya oleh dewan juri yang merupakan eksekutif Archipelago, tetapi menu tersebut dapat dinikmati oleh khalayak umum di Cinnamon Restaurant The Alana Hotel & Convention Center Solo,” pungkas Chef Pian.

Apa yang dikatakan oleh Chef Pian tersebut bukanlah isapan jempol belaka. Pasalnya, menu Sunda tersebut terhimpun dalam Menu Parahyangan yang dapat dinikmati di Cinnamon Restaurant dengan harga mulai Rp 20.000. Jadi, tidak sabar bukan mencoba menu istimewa yang dihasilkan oleh tim Kitchen terbaik se-Indonesia? Yuk langsung saja ke Cinnamon Restaurant dan nikmati menu Parahyangan dari The Alana Hotel & Convention Center Solo.

Anda mungkin suka:Puncak Segoro, Menikmati Senja yang Eksotis di Tepi Pantai Gunung Kidul

1 komentar untuk "Tim Kitchen The Alana Hotel Solo Sabet Juara Nasional Kompetisi Memasak se-Indonesia"