eCWbXBoqKVlcyXUNIzJr7wbcnJRa7fysuT0ds4TB
Bookmark

Belanja Online Makin Cepat dan Mudah Bersama TIKI

Belanja Online Makin Cepat dan Mudah Bersama TIKI - Halo Semua, apa kabar? Semoga dalam keadaan baik ya, aamiin 😇. Duh, ternyata PPKM di lanjut sampai tanggal 2 Agustus 😣. Pastinya udah pada bosen dirumah dong ya, sama sih aku juga udah bosen banget. Aku tuh pengen jalan-jalan ke mall, pengen beli baju dan perlengkapan make up yang sudah hampir expired karena gak pernah dipakai 😔. Tapi apalah daya, demi memutus rantai penyebaran Covid-19, kita harus mengikuti anjuran pemerintah dengan dirumah saja.




Selama PPKM semua kebutuhan yang aku butuhkan hanya bisa dibeli secara online melalui E-Commerce. Yang menjadi kendala saat pengiriman barang yaitu pemilihan jasa pengiriman. Yups, pemilihan jasa pengiriman juga menjadi salah satu hal penting yang harus kita pilih selain barang yang kita inginkan tentunya. Ada banyak jenis jasa pengiriman dengan tarif dan jangkauan pengiriman yang berbeda-beda.

Paling sebel kalau seller menggunakan jasa pengiriman yang tidak ada di kotaku 😑. Soalnya, memakan waktu pengiriman lebih lama. Aku tinggal di Boyolali dan jenis pengiriman barang disini tidak sebanyak di kota besar. Maka dari itu, aku harus memilih jasa pengiriman yang bisa menjangkau semua wilayah termasuk wilayahku. Aku selalu pilih jasa pengiriman dari TIKI karena memang jangkauan pengirimannya luas, tarifnya murah dan layanannya cepat.

Aku jadi ingat, pertama kali aku kenal jasa pengiriman TIKI ini sewaktu aku SMP yaitu sekitar tahun 2004. Saat itu, aku dikirimi barang dari temanku yang berada di Riau. Saat itu aku masih tinggal di Bekasi. Pengiriman dari Riau ke Bekasi sekitar 1 mingguan. Jelas, karena saat itu jasa pengiriman belum banyak dan TIKI adalah satu satu pionirnya. Saat itu outlet TIKI belum banyak di Bekasi, tapi seiring perkembangan waktu TIKI sudah berhasil membuka lebih dari 500 kantor cabang dan 3700 outlet. Tak heran sekarang performa pengiriman TIKI jauh lebih cepat dan prima.

Sejarah singkat TIKI

Kalian tau gak sih, kalau TIKI tuh adalah salah satu pengiriman jasa tertua yang ada di Indonesia. Barulah setelah itu lahir pengiriman jasa yang kita kenal saat ini. 

TIKI adalah perusahaan jasa ekspedisi barang terpercaya di Indonesia yang memberikan berbagai layanan kirim seperti ONS, Reguler maupun Same Day Service. TIKI telah memiliki jangkauan luas di Indonesia meliputi 65 kota besar, lebih dari 500 kantor cabang dan 3700 outlet. Konsumen dapat datang langsung ke outlet atau kantor cabang untuk mengirimkan paket.

Selama pandemi Covid-19 ini, TIKI sangat memperhatikan kesehatan para pegawai agar para pengguna jasa yang datang dan ingin mengirimkan paket merasa aman. Para pegawai dan kurir telah melakukan prokes ketat seperti menjaga jarak, mencuci tangan dan memakai masker. Paket yang kita kirim sebelum diantar ke tangan penerima sudah di semprot disinfektan terlebih dahulu.

Jenis Pengiriman TIKI

Pemilihan jasa pengiriman yaitu berdasarkan tarif dan estimasi pengiriman. Kalian bisa pilih berdasarkan kebutuhan.


1. SDS ( Same Day Service)

Kiriman tiba di hari yang sama. Biasanya orang memilih jasa pengiriman ini kalau yang dikirm barangnya itu berupa makanan beku yang masa expirednya cepat atau memang barang yang segera kita pakai atau butuhkan.

2. ONS (One Night Service)

Kirim hari ini besok sampai. Keren banget nih layanan ONS ini. Lebih keren lagi karena ada garansinya. Apabila barang tidak diterima dalam 1 hari, ongkir dikembalikan 👍. Ini adalah bentuk keseriusan TIKI dalam membangun kepercayaan para pengguna jasa.

3. TDS (Two Day Service)

Kiriman tiba dalam 2 hari. Jadi misalnya kalian kirim barang hari selasa estimasi barang di terima hari kamis.

4. REG (Reguler)

Jenis pengiriman yang biasa dan paling sering digunakan. Estimasinya untuk sesama kota besar dalam satu pulau biasanya dalam 2-4 hari kerja.

5. HDS (Holiday Services)

Adalah pelayanan khusus untuk mengirim paket pada hari libur nasional ataupun akhir pekan.

6. INT (International)

Merupakan ekspedisi kirim barang ke luar negeri dengan beberapa negara tujuan. Anda dapat dengan mudah menggunakan TIKI INT untuk ekspor ataupun kirim reguler.

7. ECO (Economy)

TIKI ECO adalah pengiriman barang dengan tarif ekonomis atau terjangkau dibandingkan layanan lainnya.

Layanan TIKI PUTAR dan JEMPOL

Oh ya, tiki ada layanan pengiriman baru loh yaitu PUTAR dan JEMPOL.

Apa sih PUTAR? PUTAR adalah jenis layanan Jemput Antar. TIKI akan menjemput barang kiriman ke lokasi yang telah ditentukan, gratis tanpa dipungut biaya dan langsung mengantarkannya ke lokasi tujuan dengan waktu tempuh maksimal 3 jam pengantaran. 

Untuk saat ini TIKI PUTAR baru dapat melayani wilayah DKI Jakarta, Kota Bandung & Mataram. Semoga kedepannya PUTAR dapat beroperasi di kota lainnya termasuk Boyolali. Untuk menggunakan produk TIKI PUTAR, kita dapat menghubungi TIKI melalui aplikasi TIKI yang dapat di download di playstore.



JEMPOL adalah jenis layanan Jemput Online paket yang bisa kalian akses melalui apklikasi TIKI di Playstore. Jenis layanan pengiriman ini juga belum ada di Boyolali :(. Kehadiran aplikasi ini memudahkan kita dalam mengecek tarif ongkir, layanan booking dan jemput paket serta men- tracking barang yang kita kirim.


Pengalamanku Menggunakan TIKI



Pengalamanku ketika menggunakan jasa pengiriman TIKI sangat memuaskan ya. Terlebih di masa PPKM seperti saat ini. Dimana semua daerah ada penyekatan dan membuat perjalanan paket menjadi terhambat. Aku membeli beberapa produk kecantikan lewat temanku. Kebetulan temanku ini berada di Jakarta. Sebelumnya dia mengirimkan paket tersebut lewat jasa pengiriman selain TIKI. Alhasil paket lama sampainya dengan alasan beberapa cabang jasa pengiriman tersebut di kotaku tutup dikarenakan PPKM.

Seminggu kemudian aku membeli barang lagi lewat Instagram dan aku langsung minta untuk dikirimkan melalui jasa pengiriman TIKI. Aku pilih ECO (Economy Service) harganya cuma 18.000 dengan estimasi 5 hari. Alhamdullilah sampai ke Boyolali hanya 3 hari saja. Ternyata performa TIKI di kotaku baik dan bisa diandalkan 👍. 

Andaikan di Boyolali sudah ada layanan PUTAR, aku pengen banget coba layanan itu biar paket diambil langsung kerumah dan sampai ditujuan kurang lebih 3 jam. Semoga kedepannya TIKI bisa memperluas layanan pengiriman seperti JEMPOL dan PUTAR agar kota-kota lain juga bisa merasakan layanan tersebut.


Oke sekian dulu info pengalaman berbelanja yang cepat dan mudah menggunakan jasa pengiriman TIKI. Semoga bisa membantu kalian dalam menentukan jasa layanan pengiriman apa yang bagus dan cakupan wilayahnya luas saat belanja online.

Dadaah.
4 komentar

4 komentar

  • Ranny
    Ranny
    Agustus 16, 2021 1:03 PM
    Inovasi TIKI semakin baik ya mbak. Itu estimasi 5 hari jadi 3 hari bagus bangeet, kek ini nih yang disukaa.
    Semoga layanan TIKI terbaru bisa menjangkau area lebih luas ya. Sangat membantu banget soalnya.
    • Ranny
      Yuwan Agista
      Agustus 19, 2021 1:30 PM
      Bener banget Mak Ranny.
      Layanan TIKI bagus-bagus. Pengen banget cobain layanan PUTAR.
      Semoga aja nanti du Boyolali bisa 🤭
    Reply
  • Amir
    Amir
    Juli 29, 2021 2:37 PM
    Tulisannya gampang dimengerti Mbak. Btw aku juga sering pakai TiKi, deket dan membantu banget.
    • Amir
      Yuwan Agista
      Agustus 05, 2021 10:43 AM
      Iya. Aku pakai TIKI kalau seller mau kirim barang kerumah. Biar cepet aja gitu 🤭.
    Reply