Pemanfaatan Transportasi Kereta Bandara Sebagai Pendukung Pariwisata dan Konektivitas Joglosemar



Pemanfaatan Transportasi Kereta Bandara Sebagai Pendukung Pariwisata dan Konektivitas Joglosemar - Halo semua.. Apa kabar?
Ah ya, kemarin tepatnya tanggal 6 September 2019 Kisahfoto diundang untuk menghadiri Forum Diskusi FGD (Forum Group Discussion) yang bertempat di Bandara Adi Soemarmo Solo




Aku merasa seneng banget bisa diundang ke acara ini selain bisa masuk dan melihat-lihat bandara dan  progress pembangunan Stasiun Kereta Api Bandara .
Tema acara kemarin adalah "Insfrastruktur Transportasi Untuk Konektivitas Joglosemar"


Acara ini diselenggarakan oleh Kementrian Perhubungan dan PT.KAI
Akhirnya aku bisa bertemu langsung dengan Bapak Menteri Perhubungan yang suka tampil di TV hehehe :). Hayo tebak siapa namanya?
Yup, namanya adalah Bapak Budi Karya Sumadi.


Selain beliau, ada juga tamu istimewa lainnya yang hadir sebagai narasumber pada acara tersebut yaitu ada Bapak Budi Setiadi selaku Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Bapak Wendo Asrul selaku Direktur Operasional PT Angkasa Pura I, Bapak Awan selaku Akademisi dari Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), dan Bapak Suwarmin dari Redaksi Solopos banyak kaaann.... :)


Mereka adalah orang-orang penting yang dapat memberikan opini terbaiknya dalam pengembangan Transportasi Kereta Bandara.
Nahh, setelah selesai mengenalkan para narasumber yang hadir, sekarang aku mau menjelaskan sedikit apa saja sih yang dibahas di forum tersebut?

Jadi, Forum ini membahas tentang progres Pembangunan Infrastruktur Transportasi yang ada di Solo diantaranya Kereta Bandara Adi Soemarmo Solo dan Revitalisasi Terminal Tirtonadi.
Pemerintah sedang mendorong masyarakat agar dapat meninggalkan ketergantungan terhadap kendaraan pribadi ke trasnportasi umum berbasis pasar guna mengurangi kemacetan.

Pak Menhub menjelaskan ada beberpa langkah pemerintah dalam upaya untuk membangun sebuah negara salah satunya adalah membangun 10 New Bali, bandara baru dan kereta bandara.
Nahh, sebentar lagi akan beroperasi kereta bandara di solo yang rencananya akan menghubungkan 2 bandara yaitu bandara Adi Soemarmo dan bandara Adi Soetjipto.
Rencana jadwal kereta api bandara Adi Soemarmo Solo sebagai berikut ;



Dengan adanya kereta api bandara ini dapat memudahkan masyarakat atau wisatawan yang ingin belibur dari bandara atau ke stasiun kereta utuk melanjutkan perjalanan.
Kereta bandara ini akan di dukung beberapa stasiun yaitu stasiun Solo Balapan, Stasiun Kadipiro, dan stasiun Adi Soemarmo.
kalian tau gak kota mana aja sih yang sedang di garap oleh pemerintah sebagai 10 New Bali yang kujelaskan di atas tadi?
Salah satunya adalah Joglosemar (Jogja - Solo - Semarang).
Kalian bisa keliling Jawa Tengah dengan kereta Joglosemarkerto dan ini jalurnya,



Selain itu, FGD juga membahas tentang  pembangunan kereta api bandara Adi Soemarmo dengan kereta api Solo Balapan dan ini adalah rute kereta api nya


Panjang jalur kereta api ini BIAS ini mencapai 13,5 km dengan waktu tempuh dari stasiun Solo Balapan ke bandara Adi Soemarmo atau sebaliknya sekitar 20 menit dengan 1x trainset. kalau trainsit yang di gunakan lebih dari 1 maka waktu tempuh menjadi 25 menit. Kereta BIAS ini akan berhenti di stasiun Kadipiro selama kurang lebih 2 menit.

KA bias ini terdiri dari satu rangkaian KRDE yang berkapasitas total 396 penumpang yang terdiri dari 196 penumpang duduk dan 200 penumpang berdiri. Dalam sehari KA BIAS ini mampu menangani 12.676 penumpang dengan jumlah perjalanan 32 trip. Fasilitas yang tersedia di dalam kereta ada USB port, AC, TV, dan Toilet. Ya fasilitas di semua kereta sih ya begini hehheh..


Kemarin pas aku kesana sudah ada flyover rel kereta api gak cuma itu di bandara juga sudah dibangun stasiun, ticketing, ruang tunggu, dan lainnya. Fasilitas yang sama juga sudah dibangun di stasiun Solo Balapan, begini progresnya ;


Semoga saja bisa berjalan sesuai rencana dan masyarakat bisa senag dengan adanya trasnportasi ini.
Tapi kita harus ikut menjaga tempatnya ya agar sellau terlihat bersih dan bagus.
Kalian juga harus membiasakan diri untuk tidak selalu menggunakan kendaraan pribadi dengan beralih ke trasnportasi publik seperti ini.



Selepas acara selesai aku dan teman-teman blogger lainnya mengajak pak Budi Karya Sumadi utuk selfi heheh biar ada kenag-kenanganya gitu.
dan itulah akhir dari event kemarin sampai jumpa lagi.