Mencicipi Kimchi…

Kimchi Kisah Foto_02
Mencicipi Kimchi… Ingat, Kimchi lho ya nggak ditambahin L di belakangnya… artinya sudah beda itu hahahahaha… Ya, Senin kemarin saya mengunjungi Pameran Komputer Solo yang digelar di Diamond Convention Center. Di depan pintu masuk pameran ternyata ada pedagang yang jual makanan, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. Saya pun segera berburu makanan, barangkali ada yang unik. Eh ternyata ada yang jualan Kimchi. Awalnya saya nggak tahu apa itu Kimchi, sebelum beli saya sempat googling dulu tentang Kimchi ini,,, Dan ternyata Kimchi ini adalah makanan khas Korea Selatan dan saya belum pernah memakannya. Ya sudah, saya memutuskan untuk membelinya degan porsi mangkuk kecil seperti foto di atas dijual dengan harga Rp 6000.


Kimchi Kisah Foto_01 Mengenal Makanan Kimchi
Kimchi adalah makanan tradisional Korea, salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah. Sayuran yang paling umum dibuat kimchi adalah sawi putih dan lobak. Di zaman dulu, kimchi diucapkan sebagai chim-chae (Hangul: 침채; Hanja: 沈菜) yang berarti "sayuran yang direndam." Di Korea, kimchi selalu dihidangkan di waktu makan sebagai salah satu jenis banchan yang paling umum. Kimchi juga digunakan sebagai bumbu sewaktu memasak sup kimchi (kimchi jjigae), nasi goreng kimchi (kimchi bokkeumbap), dan berbagai masakan lain. (sumber)
Baca Juga: Mengunjungi Pantai Krakal & Slili Gunungkidul

Bagaimana Rasanya Kimchi?
Tampang Kimchi ini sekilas mirip sayur yang diselimuti sambal balado berwarna merah. Sekilas memang menggoda dan begitu saya buka, aroma Kimchi yang sedap dan tajam langsung merasuk ke hidung saya dan menggugah selera makan. Langsung deh saya sikat Kimchi yang cuma semangkuk kecil itu, hehehehe… Rasa Kimchi yang saya beli ini gabungan antara pedas, asem, dan kecut… tetapi rasa kecut alias asemnya begitu dominan. Alhasil, saya nggak bisa makan Kimchi ini tanpa dukungan makanan lain. Saya kemudian membeli Dakkanjong di warung yang sama dan memakannya bersama-sama dengan Kimchi, baru deh kenyang… hehehehe… Sampai di sini dulu posting yang singkat ini, semoga bermanfaat.

Anda mungkin suka: Foto-foto Pameran Komputer Solo 9-13 Agustus 2014