Mengunjungi Tamansari dan Menikmati Keindahan Umbul Binangun

Tamansari Umbul Winangun Kisah Foto_02
Beberapa waktu lalu saya dan keluarga mengunjungi obyek wisata Tamansari dan menikmatui keindahan Umbul Binangun yang berlokasi di Yogyakarta. Sejak dulu saya penasaran dengan Tamansari ini karena sering dipakai untuk foto pre-wedding. Ternyata memang benar, Tamansari memang begitu Indah dengan arsitektur kuno kerajaan Mataram. Sampai di lokasi Tamansari, kami langsung parkir dan membeli tiket. Sayangnya lupa, berapa harga tiket masuk ke Tamansari ini, hehehehe….


Tamansari Umbul Winangun Kisah Foto_03 Tamansari Umbul Winangun Kisah Foto_04
Foto di atas adalah gapura pintu masuk obyek Tamansari, pastikan Anda sudah membeli tiket agar nanti tidak diusir sama yang jaga pintu, hahahaha… Gapura atau pintua masuk Tamansari ini berukuran besar dengan dua ular naga yang berada di kedua tangga di samping kanan dan kiri dari pintu masuk. Setelah melewati gerbang, kita akan disuguhi taman yang berukuran kecil dengan pot-pot berukuran besar dan cukup tinggi.

Baca juga: Gua Lanang & Wadon di Candi Ratu Boko
Tamansari Umbul Winangun Kisah Foto_05
Setelah melewati taman, kita akan masuk ke gapura yang lebih kecil dan terdapat tangga menurun untuk menuju kolam renang pemandian yang disebut dengan Umbul Pasiraman atau Umbul Binangun yang dulunnya digunakan oleh puteri keraton, sultan, istri sultan, dan selirnya untuk mandi. Kabarnya, jaman dulu selain perempuan tidak boleh masuk Tamansari ini, mungkin karena digunakan untuk mandi oleh puteri keraton, sultan, istri sultan, dan selirnya itu, kan kalau mandi mesti lepas pakaian, hehehe…
Tamansari Umbul Winangun Kisah Foto_07
Bangunan di sisi paling utara merupakan tempat istirahat dan berganti pakaian bagi para puteri dan istri (selir). Di sebelah selatannya terdapat sebuah kolam yang disebut dengan nama "Umbul Muncar". Sebuah jalan mirip dermaga menjadi batas antara kolam ini dengan sebuah kolam di selatannya yang disebut dengan "Blumbang Kuras". Di selatan Blumbang Kuras terdapat bangunan dengan menara di bagian tengahnya. Bangunan sayap barat merupakan tempat berganti pakaian dan sayap timur untuk istirahat Sultan. Menara di bagian tengah konon digunakan Sultan untuk melihat istri dan puterinya yang sedang mandi kemudian yang tubuh telanjangnya paling mengesankan sultan akan di panggil ke menara. (sumber)

Baca juga:  Kolam Pemandian Candi Ratu Boko
Tamansari Umbul Winangun Kisah Foto_02Saat pertama kali saya melihat umbul pasiraman atau kolam pemandian di Tamansari ini, saya langsung terpana dengan keindahannya!! Luar biasa menurut saya dengan warna krem pada bangunannya dan warna biru di kolamnya. Air di kolam pemandian atau umbul winangun ini bening berwarna kebiru-biruan. Keindahan kolam pemandian Tamansari ditambah dengan air mancur yang berada di tengah kolam. Sayangnya pas saya ke sana, air mancurnya mati, hehehehe…
Tamansari Umbul Winangun Kisah Foto_01
Menara yang berada di sisi selatan ini kabarnya digunakan oleh Sultan umtuk melihat istri dan selirnya mandi. Sayangnya (lagi) saya nggak sempat naik ke menara ini, hehehehe… Padahal kalau naik menara ini bisa menikmati keindahan Tamansari dan kolam pemandian dari atas, wuizz keren pastinya, hehehehe… Saya mau ke menara agak males karena banyak orang di sana, pada lagi sibuk foto-foto… Padahal saya saya juga mau foto-foto di atas, hehehe…

Baca juga: Rindu Keindahan Kebun Teh Kemuning…
Tamansari Umbul Winangun Kisah Foto_08Tuh kan air mancur di pemandiannya pas mati, hehehehehe… Coba air mancurnya pas mengalir, pasti keren banget… Selain wisatawan lokal, juga banyak wisatawan manca yang yang berseliweran di Tamansari, tampaknya mereka juga kesengsem dengan keindahan kolam pemandian yang digunakan oleh puteri keraton ini, hehehehe…
Tamansari Umbul Winangun Kisah Foto_09Nah foto terakhir ini adalah pangeran kerajaan Mataram dan ibunda ratu Mataram, hahahahaha,… Nggak ding, seperti biasa empunya blog Kisah Foto bersama sang ibu nampang dan menikmati keindahan kolam pemandian umbul pasiraman atau umbul binangun Tamansari ini. Sebenarnya Tamansari ini masih luas dan terdiri dari beberapa bagian bangunan yang nanti akan saya ulas di posting berikutnya. Sampai di disini dulu pembahasan tentang Tamansari dan umbul pasiraman atau binangun, semoga bermanfaat. :)

Anda mungkin suka: Review Nokia Lumia 625, Windows Phone dengan Layar 4,7 Inci

Artikel Kisah Foto Lainnya :

18 comments:

  1. Tak pikir taman yang banyak umbul2nya heheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha umbul di sini yang dimaksud adalah pemandian mbak, hehehe :D

      Hapus
  2. Tempatnya cantik ya, andai bisa naik sampai menara itu, kepoo soalnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihihi mampir ke sini mbak, keren lho, hehehe

      Hapus
  3. Wah ini tempat favorite saya mas, menikmati keindahan taman sari serta turis manca negaranya hehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, rame di sana, hehehe... tempatnya juga keren :D

      Hapus
    2. kapan ke sini mbak?? Mampir ke Tamansari, hehehe :D

      Hapus
  4. Wahhh.. sepertinya asyk sekali ya mengunjungi tamansari nya, saya juga pengen kesana sih, tapi kapan ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tunggu apalagi gan, ayo kunjungi tamansari :D

      Hapus
  5. luar biasa ya taman sari, jadi pengen kesitu juga buat foto-foto soale tempat nya bagus banget hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. dateng aja mbak, keren lho, hehehe :D

      Hapus
  6. wah Kei kebetulan juga sempat mampir k sana waktu liburan k Jogja... tapi nggak bsa lama2 sih d sana soalnya keburu gerimis juga (=____=)"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sayang sekali kalo nggak lama2, keren lho tempatnya, hehehe :D

      Hapus
  7. Aku kesana tahun 2007-an kebetulan lagi ada acara gathering anak forum hehehe..
    Kalau kolamnya bening, pengen nyebur deh, tapi nggak boleh yaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha... Yang boleh nyebur hanya istri dan anak sultan lho mbak... hehehe *just kidding

      Kapan ke sini lagi?? Hehehe :D

      Hapus
  8. Wow ... baru tahu aku mas ...
    Ternyata Tamansari seindah itu ...
    Atau jangan-jangan yang motret yang jago membuat foto keren ? :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang asli keren kok mas, hehehehe...

      Hahahaha.. Saya cuma asal motret kok, bukan fotografer, hehehe :D

      Hapus

Copyright © 2015 Kisah Foto | a Tuxlin Blog Networks | Partner Laptophia Blog