Candi Ratu Boko, Istana Megah di Masa Lalu

Candi Ratu Boko_08
Candi Ratu Boko atau kadang sering disebut situs Ratu Boko ini konon dulunya adalah istana yang megah di masa lalu.  Beberapa waktu lalu saya dan keluarga mengunjungi kompleks Candi Ratu Boko. Sebenarnya kami sudah tahu tentang tempat wisata Candi Ratu Boko, tapi nggak tau kalau tempatnya ternyeta keren. Tak heran Candi Ratu Boko sering dipakai orang-orang buat foto pre-wedding, terutama bangunan yang ada di foto atas. Nah kalo yang ada di foto atas itu bukan foto pre-wedding, tapi penampakan empunya blog Kisah Foto, hahahaha Smile with tongue out.
Di mana sih lokasi Candi Ratu Boko? Lokasi Candi Ratu Boko atau Istana Ratu Boko ini berada di Kecamatan Bokoharjo, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Secara umum lokasi wisata Candi Ratu Boko ini mudah dicapai dan lokasinya tak begitu jauh dari Candi Prambanan. Untuk menuju lokasi Candi Ratu Boko dari arah solo bisa menuju lokaso Candi Prambanan terlebih dahulu, setelah itu belok ke arah Piyungan. Nah Candi Ratu Boko berada di jalan ke arah Piyungan tersebut Smile. Oya, tiket masuk ke tempat wisata Candi Ratu Boko ini Rp 25.000 per orang dewasa.
Candi Ratu Boko_04
Kesan pertama masuk lokasi wisata Candi Ratu Boko ini adalah bersih dan fasilitasnya lengkap. Nggak ada tuh sampah plastik atau botol minuman  berkeliaran, hehehe… Paling-paling cuma sampah daun Smile with tongue out. Masuk kawasan Candi Ratu Boko, entah kenapa suasananya agak berbeda, kadang merinding gitu, hehehe… Tapi saya kaget, ternyata Candi Ratu Boko itu keren! Pemandangannya bagus dan lingkungannya dikelola dengan baik, sehingga saya betah berlama-lama di sana. Beberapa tempat disediakan gazebo, kursi taman untuk duduk dan terdapat rumput hijau yang terawat. Banyak yang menyebutnya candi, tapi ada juga yang menyebutnya kraton atau istana. Mungkin hal ini tak lepas dari sejarah lokasi ini yang dulunya diduga adalah istana yang megah.
Situs Ratu Boko pertama kali dilaporkan oleh Van Boeckholzt pada tahun 1790, yang menyatakan terdapat reruntuhan kepurbakalaan di atas bukit Ratu Boko. Bukit ini sendiri merupakan cabang dari sistem Pegunungan Sewu, yang membentang dari selatan Yogyakarta hingga daerah Tulungagung. Seratus tahun kemudian baru dilakukan penelitian yang dipimpin oleh FDK Bosch, yang dilaporkan dalam Keraton van Ratoe Boko. Dari sinilah disimpulkan bahwa reruntuhan itu merupakan sisa-sisa keraton. (sumber)
Candi Ratu Boko_01
Oke, langsung saja kita masuk ke lokasi Candi Ratu Boko atau Kraton Ratu BokoWinking smile. Sebagai mantan bekas kraton atau istana, Candi Ratu Boko ini terdiri dari beberapa bangunan yang lengkap, seperti pintu gerbang, pendopo, kaputren, kolam untuk pemandian, gua untuk meditasi, dan terdapat arca Hindu dan Buddha. Satu hal yang membuat Candi Ratu Boko ini unik, yakni lokasinya yang berada di atas bukit, sehinga kita dapat melihat pemandangan yang indah dari lokasi Candi Ratu Boko.
Candi Ratu Boko_02
Saat saya dan keluarga datang mengunjungi Candi Ratu Boko, pengunjung tepat wisata tersebut lumayan banyak. Kawasan Candi Ratu Boko ini cukup luas dan terdiri dari beberapa bangunan yang tersebar di lokasi tersebut. Saat masuk Candi Ratu Boko, kita akan disambut sebuah gapura yang sering digunakan untuk foto pre-wedding Smile with tongue out. Ada dua gapura, yang pertama terdiri dari tiga pintu dan yang kedua terdiri dari lima pintu. Bentuk gapura di Candi Ratu Boko ini memang keren, agak berbeda dengan candi-candi lainnya.
Candi Ratu Boko_06
Foto di atas adalah gapura pertama yang terdiri dari tiga pintu. Semua bangunan yang ada Candi Ratu Boko ini terbuat dari batu dengan arsitektur yang khas. Perbedaan bentuk antara kebanyakan candi dengan Candi Ratu Boko ini kemungkinan karena perbedaan kegunaan bangunan. Kebanyakan candi di Indonesia adalah digunakan untuk beribadah, sedangkan Candi Ratu Boko ini adalah istana atau kraton. Smile
Candi Ratu Boko_07
Pemandangan yang indah tersaji ketika berdiri di gapura kedua yang terdiri dari lima pintu dan letaknya memang lebih tinggi dari gapura pertama, seperti foto di atas. Selain menyuguhkan bangunan candi yang indah dan keren, kita juga disuguhi pemandangan sekitar yang hijau dan terawat. Pokoknya dijamin betah deh nongkrong di kawasan wisata Candi Ratu Boko ini, heehehe Open-mouthed smile. Suasana seperti ini mengingatkan saya dengan keindahan Candi Gedong Songo yang sudah saya bahas sebelumnya Smile.
Candi Ratu Boko_03
Rumput yang hijau subur dan terawat membuat kita nyaman berada di kawasan Candi Ratu Boko. Seperti yang saya bahas di paragraf di atas, Candi Ratu Boko tak hanya menampilkan dua gapura tadi, tetapi masih banyak bangunan lain yang ada di Candi Ratu Boko, seperti gua untuk meditasi, kolam pemandian, dan banyak lagi. Jadi setelah masuk ke kawasan Candi Ratu Boko, kita harus mengeksplor ke dalam untuk menemukan semua bangunan-bangunan peninggalan kerajaan Mataram hindu/buddha ini. Smile
Candi Ratu Boko_05
Dan seperti biasa, empunya blog Kisah Foto musti nampang di akhir postingan, sebagai bukti bahwa blogger Kisah Foto emang pernah kesasar di Candi Ratu Boko, tar kalo gak ada bukti dikira hoax lagi, No pic, hoax! Smile with tongue out. *niat sebenarnya itu pengen nampang… hahahaha… Rolling on the floor laughing. Loh kok postinganya habis, lha kan masih ada bangunan-bangunan lain di kawasan Candi Ratu Boko atau Kraton Ratu Boko ini? Sabar, nanti akan saya tampilkan di postingan berikutnya, biar agak banyak gitu postingnya, hehehehehe… Sampai di sini dulu posting kali ini, semoga bermanfaat Smile.

Artikel Kisah Foto Lainnya :

8 comments:

  1. Lagi-lagi mupeng.. Zzzzz.. -_-

    Bagus candinya Bang, dan bersih pulak ya. Jadi enak kalo dateng ke sana.. Oh ya.. Buka dan tutupnya jam berapa aja ya, Bang? Keknya pas Abang foto di situ bagus tuh.. Ngga terlalu rame..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya aja baru tau kalo tempat itu keren, hehehe

      Wah nggak tau buka tutupnya beb, soalnya nggak baca tulisannya, hehehehe
      Iya sepi, pas mau foto, pengunjung lain saua usir dulu :D

      Hapus
  2. wah keren sekali candinya, jadi pengn juga nih maen ke candi ratu boko tapi belum kesampean sampai sekarang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren lho mbak, mampir aja kesana :D

      Hapus
  3. jadi pengen kesana juga... ^_^

    BalasHapus
  4. emang keren gan tempatnya. kalo ditelusuri, ada juga orang yangmengkaitkan ratu boko dengan ratu bilqis dan nabi sulaiman. tapi cerita sebenarnya tetap jadi misteri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan, semua memang masih misteri :)

      Hapus

Copyright © 2015 Kisah Foto | a Tuxlin Blog Networks | Partner Laptophia Blog . .