Semua Berubah Setelah Awan Panas Merapi Menyerang…

Awan panas merapi
Masih ingat dengan letusan dahsyat gunung Merapi pada 2010 lalu? Ya, letusan paling dahsyat gunung paling aktif di dunia tersebut terjadi pada 5 November dini hari dan menyemburkan awan panas hingga lebih dari 15KM di alur sungai Gendol dan beberapa kali lainnya yang berasal dari gunung tersebut. Desember 2010, empunya blog Kisah Foto menyambangi daerah Cangkringan, Sleman yang merupakan salah satu wilayah yang disapu oleh awan panas Merapi. Ya, semua berubah setelah awan panas Merapi menyerang… Sayangnya, fotonya gelap Laughing out loud Soalnya waktu itu hanya ponsel buluk Sony Ericsson K510 merupakan satu-satunya alat yang saya punyai untuk memotret Alien. Klik saja gambarnya biar jelas…
Akibat Awan PanasAkibat Awan Panas2
Tujuan awal kami sebenarnya ingin menuju ke lokasi rumah Mbah Maridjan yang merupakan juru kunci gunung Merapi yang turut menjadi korban letusan gunung tersebut pada 2010. Tapi karena medan yang tidak memungkinkan ditempuh dengan sepeda motor (pasir tebal & batu di mana-mana), kami akhirnya berhenti disebuah tempat yang lokasinya beberapa KM dari rumah Mbah Maridjan.
Akibat Awan Panas MerapiAkibat Awan Panas Merapi 2
Dusun yang dulu hijau telah berubah menjadi tanah lapang gersang yang menyisakan batang-batang pohon gosong berwarna hitam. tak ada satupun rumah yang masih berdiri di daerah tersebut, semua rata dengan tanah akibat sapuan awan panas Merapi. Jangankan pohon, tiang listrik beton berwarna putih (foto kiri) saja tak mampu menahan serangan awan panas, akhirnya ambruk dan patah menjadi beberapa bagian. Sementara foto kanan adalah kali Opak yang penuh dengan material yang dimuntahkan Merapi. Don't tell anyone smile
Akibat Awan Panas Merapi  3Akibat Awan Panas Merapi 4
Tak ada yang tersisa dari letusan dahsyat gunung Merapi pada tahun 2010 lalu, selain bangkai pohon-pohon dan material letusan berupa batu dan pasir. Jalan berpasir dan licin membuat kami berhenti dan mengurungkan niat meniju rumah Mbah Maridjan.
Akibat Awan Panas Merapi 5
Foto di atas dulunya sebuah mushola dan kini sudah rata dengan tanah dan hanya tersisa besi dan pondasinya saja.
Akibat Awan Panas Merapi Kisah Foto
Seperti biasa, yang punya blog Kisah Foto mejeng dulu di akhir postingan, hehehehe…Open-mouthed smile

Artikel Kisah Foto Lainnya :

14 comments:

  1. Keren mas fotonya, jadi membayang apa di sinabung yang sekarang lagi erupsi juga seperti itu nantinya. hemmm.. :"(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agak burem mbak, motret pake HP soalnya, hehehe... Sinabung sebenarnya letusannya tak se dahsyat merapi 2010, cuma durasinya lama, sehingga ngungsinya juga lebih lama... kasiha mereka yang mengungsi....

      Hapus
  2. iya begitulah fenomena alam ya mas. Bisa berubah-ubah alias nggak ada yang bersifat statis kayak menu navigasi di blogspot hehe :D

    tentu perubahan alam tersebut membawa dampak positif dan juga negatif ya bagi manuisa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget mbak, hehehe... Semua memang ada dampak positif dan negatifnya :)

      Hapus
  3. apa benar bro kl hbs kena letusan bgt tanahnya jadi tambah subur `

    btw, barusna baca berita ada gempa di sana ya bro di Jawa bagian selatan, termasuk boyolali jg ya ? semoga baik baik saja ya bro kamu sekeluarga di sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak, tambah suburrr :D

      Iya mbak, sebelah selatan Kebumen, yang mengalami kerusakan daerah banyumas dan kebumen, Boyolali, solo, Jogja juga terasa mbak tapi Alhamdulilah gak ada apa2 :)

      Hapus
    2. jadi ngenes bro, banjir belum reda di mana mana skrg ada gempa lagi, syukur kl nggak ad apa apa di sana bro, di kampungku sana itu bajir bro, terminalnya sj kelelep, mau nelpon ke sana nggak bisa salurannya , susah jadinya

      Hapus
    3. Jadi kampung mbak ely di Kudus kebanjiran mbak? Terus keluarga gimana? Semoga diberi keselamatan dan kesehatan ya mbak keluarganya di kampung

      Hapus
    4. iya bro, aku jengkel 2 minggu lebih nyoba nelpon ke sana itu nggak bisa masuk masuk heran aku, padahal biasanya mudah nelpon lewat telepon rumah, jadinya ya kontak via imel bro, Alhamdulilah sehat sehat semua , makasih
      Cuma yaitu bro krn banjir di mana mana biasa BBM jd langka, barang barang pasti jadi mahal

      Hapus
    5. Iya mbak, kalo bencana kayak banjir emang gitu, btw ini lagi musim banjir mbak, banyak daerah yang kebanjiran...

      Hapus
    6. iya bro, kasihan juga semuanya ya , ruginya byk, ada yg bilang org org jd masak sendiri di rumah krn byk yg julana keliling pada nggak bisa ider

      Hapus
    7. Musim hujan segera berakhir, biar banjirya cepet usai :)

      Hapus
  4. akhir tahun 2013 yang lalu saya juga kesana, tapi di tempat nya mbah marijan hehehe :D

    sekarang sudah berubah ya mas, malah jadi obyek wisata :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak, emang sudah berubah jadi tempat wisata, ada warung2nya juga :D

      Hapus

Copyright © 2015 Kisah Foto | a Tuxlin Blog Networks | Partner Laptophia Blog