Mengunjungi Mercusuar Pantai Pandansari Bantul

Mercusuar Pantai Pandansari Kisah Foto_01
Tidak lengkap rasanya mengunjungi Pantai Pandansari tanpa mampir ke mercusuar atau menara suar yang berada kurang lebih 150 meter dari pantai. Saat saya mengunjungi mercusuar Pantai Pandansari, sedang ada pembangunan beberapa bangunan yang kemungkinan akan difungsikan sebagai kantor. Bagian depan terdapat papan bertuliskan “Menara Suar PP. Samas” Ada tulisannya Cilacap, taoi lokasinya nggak di Cilacap lho, hehehehe… Lokasi mercusuar Pantai Pandansari ini di Desa Gadingharjo, Kecamatan Sanden, Bantul, Yogyakarta. Asyiknya lagi, kita bisa naik ke mercusuar sampai puncak dan menikmati keindahan Pantai Pandansari dari atas, mantap bukan? :D


Mercusuar Pantai Pandansari Kisah Foto_02 Mercusuar Pantai Pandansari Kisah Foto_03

Naik Mercusuar Pantai Pandansari

Bentuk bangunan mercusuar Pantai Pandansari ini nggak jauh beda dengan bangunan mercusuar lainnya, yakni berbentuk tabung yang menjulang ke atas. Menurut yang jaga, mercusuar Pantai Pandansari ini dibangun pada tahun 1997 dan tinggi bangunan mercusuar ini mencapai 45 meter. Yah nggak setinggi tower BTS operator sih lagia fungsinya juga beda, hahahaha *ngapain diomongin tun BTS*. Oya untuk masuk dan naik ke atas mercusuar ini kita musti bayar tiketnya duku, murah kok cuma Rp 2.500 per orang… Dengan duit segitu kita bisa naik turun mercusuar Pantai Pandansari sepuasnya sampai jebol tuh kaki, hahahaha… Sudah siap naik mercusuar Pantai Pandansari? Siapkan fisik Anda!

Mercusuar Pantai Pandansari Kisah Foto_04Mercusuar Pantai Pandansari Kisah Foto_11

Naik Mercusuar Pakai Tangga


Kita naik mercusuar Pantai Pandansari ini menggunakan tangga yang bentuknya memutar seperto foto di atas! Jangan harap ada lift yang tinggal pencet diang langsung sampai di atas, hahahahah… Makanya siapkan fisik sebelum naik mercusuar Pantai Pandansari ini, bawa minuman juga karena di dalam agak panas dan pengap. Tangga naik mercusuar ini terbuat dari besi, lumayan kokoh dan mantap… Kalo nggak salah sih ada 6 atau 7 lantai di mercusuar Pantai Pandansari, soalnya saya lupa, hehehehe… setiap lantai ada ruang kosong gan, jadi bisa istirahat dulu kalo capek atau menikmati pemandangan melalui jendela kecil yang ada di setiap lantai.

Mercusuar Pantai Pandansari Kisah Foto_06 Sayangnya, te,bok berwarna putih dari bangunan mercusuar Pantai Pandansari ini tak luput dari tangan-tangan jahil yang corat-coret seperti di atas. Bagusnya apa sih corat-coret di situ? Kecuali kalao corat-coretnya pake grafiti yang keren gitu, lha ini isinya cuma “Enggi sampai jumpa”, “Munyuk dan Kunyuk pernah ke sini” dan sebagainya, Corat-coret seperti ini lumayan banyak, jadi mengurangi keindahan deh… Kalo ktemu orangnya kita gebukin saja rame-rame, corat-coretin mukanya, dan suruh makan spidol selusin *brutal*
Mercusuar Pantai Pandansari Kisah Foto_05 Mercusuar Pantai Pandansari Kisah Foto_10
Di setiap lantai ada jendelanya gan, kita bisa liat dunia luar melalui jendela itu seperti foto sebelah kiri. Sambil istrahat karena capek naik tangga, kita bisa buka tuh jendela dan menikmati pemandangan di luar… Sedangkan foto sebelah kanan adalah tangga terakhir menuju puncak. Bentuk tangganya sudah tidak memutar lagi. Dari semua rombongan peserta yang masuk ke mercusuar Pantai Pandansari ini, cuma saya yang naik sampai ke atas, hehehe :D

Pemandangan Indah di Jendela Mercusuar Pantai Pandansari

Mercusuar Pantai Pandansari Kisah Foto_07 Kita disiguhi pemandangan yang indah ketika membuka jendela yang ada di setiap lantai mercusuar gan… Kita bisa melihat keganasan ombak pantai Pandan sari dari Jendela. Sekitar pantai Pandansari ini juga terlihat ada banyak pohon cemara… entah pohin cemara jenis apa saya nggak tahu, hehehe….
Mercusuar Pantai Pandansari Kisah Foto_08 Kalau sudah sampai di lantai yang cukup tinggi, jangan melihat kebawah gan, apa lagi bagi yang takut ketinggian, hehehehehe… Pemandangannya bagus, tetapi saat itu cuaca kurang mendukung karena angin yang sangat kencang. Saking kencangnya, saat kita membuka jendela mercusuar Pantai Pandansari ini serasa di depan kipas angin berukuran besar… *awas masuk angin hehehe…*

Baca juga: Ada Jembatan Gantung di Boyolali…
Mercusuar Pantai Pandansari Kisah Foto_09 Saat saya mengunjungi mercusuar Pantai Pandansari ini kebetulan pas sepi pengunjung, sehingga bisa bebas menikmati pemandangan indah yang disuguhkan di setiap jendelanya. Berani sampai di atas? Saya sih berani meski angin kencang melanda, hehehe… Nanti postingan berikutnya akan membahas pemandangan indah Pantai Pandansari dari atas mercusuar.
Mercusuar Pantai Pandansari Kisah Foto_12Hahahahaha… sudah menjadi ciri khas blog Kisah Foto ini yang mana empunya blog musti nampang di akhir postingan sambil pamer muka kusutnya, heheheheh… Oke, sampai di sini dulu posting tentang mercusuar Pantai Pandansari, semoga bermanfaat bagi pembaca semua. bagi yang penasaran dengan Pantai Pandansari dan bangunan mercusuarnya, langsung aja datengin, hehehe…


Artikel Kisah Foto Lainnya :

6 comments:

  1. Nyebelin banget ya, ada tulisan kayak gitu.. -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu, merusak keindahan saja ya :D

      Hapus
  2. wow ... jadi pengen naik dan motret

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ke Indonesia mampir ke sini mbak hehehe

      Hapus
  3. wah baru tahu nih kalau bantul ada mercusuar nya, kapan-kapan kesana ah sambil foto foto :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga baru tau mbak. mampir aja ke sana, hehee :D

      Hapus

Copyright © 2015 Kisah Foto | a Tuxlin Blog Networks | Partner Laptophia Blog . .