Suasana Saat Hujan Abu Gunung Kelud di Boyolali

Suasana Hujan Abu Letusan Gunung Kelud_01
Suasana saat hujan abu akibat letusan gunung Kelud di Boyolali cukup gelap, foto-foto di artikel kali ini diambil sekitar pukul 6 pagi pada 14 Februari 2014. Saat itu, saya bangun tidur langsung cuci muka dan ambil topi+Xperia Ray untuk mulai mengabadikan fenomena alam yang langka ini. Adek saya pun tak mau kalah dengan membawa kamera digital untuk memotret keadaan sekitar. Saat hujan abu akibat letusan gunung Kelud ini memang tidak menimbulkan suara seperti saat hujan abu dari letusan gunung Merapi. Mungkin hal ini disebabkan perbedaan material yang dimuntahkan saat letusan, di mana gunung Merapi lebih banyak mengeluarkan pasir, sedangkan gunung Kelud yang sampai ke Boyolali hanya berupa abu.
Suasana Hujan Abu Letusan Gunung Kelud_02
Suasana pagi itu agak mencekam dan tetangga saya yang tidak mengetahui terjadinya letusan gunung Kelud mengira hujan abu ini adalah ulah gunung Merapi. Kasihan, saat-saat seperti ini malah gunung Merapi difitnah dan disalahkan oleh orang-orang kudet Smile with tongue out.
Suasana Hujan Abu Letusan Gunung Kelud_03
Saat itu abu letusan gunung kelud yang sampai di tanah belum begitu tebal, tapi yang melayang-layang di udara masih sangat banyak dan menghalangi pandangan. Jarak pandang saat itu hanya berkisar antara 5 hingga 10 meter saja.
Suasana Hujan Abu Letusan Gunung Kelud_04
Tanaman pucuk merah yang berada di depan kamar orang tua saya mulai tertutup abu letusan gunung Kelud. Daun-daunnya yang berwarna merah dan hijau perlahan-lahan tertutup debu abu yang berwarna putih kekuning-kuningan.
Suasana Hujan Abu Letusan Gunung Kelud_05
Langit Boyolali pukul 6 pagi masih terlihat gelap dan berwarna agak kemerah-merahan akibat tertutup abu letusan gunung Kelud 2014 yang masih banyak melayang di udara. Ini membuktikan bahwa letusan gunung Kelud saat itu cukup dahsyat.
Suasana Hujan Abu Letusan Gunung Kelud_06
Kebun mini di halaman rumah saya juga perlahan-lahan mulai tertutup debu akibat derasnya hujan abu dari letusan gunung Kelud yang berjarak sekitar 250KM lebih dari kota Boyolali.
Suasana Hujan Abu Letusan Gunung Kelud_07Suasana Hujan Abu Letusan Gunung Kelud_08
Hujan abu ini diperparah dengan kendaraan yang lewat di depan rumah saya. Setiap bus/truk yang lewat membuat abu terbang kemana-mana… Yah inilah untung ruginya jika punya rumah di pinggir jalan Solo – Semarang.
Suasana Hujan Abu Letusan Gunung Kelud_09
Empunya blog Kisah Foto dekan kostum yang nggak banget ini langsung eksis mengabadikan fenomena yang terjadi. Hujan abu kian deras dan jarak pandang kian pendek dan sukses membuat mata pedih dan nafas menjadi berat.
Suasana Hujan Abu Letusan Gunung Kelud_10
Mirip hujan salju nggak? Hehehehe… saat itu saya sedang sibuk memotret keadaan di sekitar rumah. Namun karena hujan abu letusan gunung Kelud kian deras dan saya hanya memakai pelindung topi tanpa menggunakan masker, yah terpaksa masuk rumah lagi dan tarik selimut dah…. Smile with tongue out.

Artikel Kisah Foto Lainnya :

29 comments:

  1. mirip sekali bro kl di kampungku sini lagi hujan salju, tapi serem jg ya, kebayang pernafasan gmn gitu :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. nafas jadi sesek n berat mbak, soalnya waktu itu q gak pake masker... :D

      Hapus
    2. wadewww .. serem bro,kasihan nafasnya ya

      Hapus
    3. iya mbak, makanya q cuma motret bentar, terus masuk rumah, hehehe :D

      Hapus
  2. Deket Merapi juga, Mas? Trus keadaan saat ini gimana?
    Wah.. Ngga bisa dibayangin ya sesaknya gimana. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mayan deket mbak, kurang lebih 25KM dari puncak Merapi, hehehehe...
      Alhamdulilah, sekarang ini abu gunung Kelud dah bersih kok :)

      Hapus
  3. Tapi kok mirip orbs ya sob....???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan, kan bulet2... kalo deket kamera jadi kayak Orbs :D

      Hapus
  4. kok bisa kayak ujan salju gitu ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu sebenarnya kecil2 gan, cuma gara2 deket sama lensa kamera jadi keliatan gede kayak salju :D

      Hapus
  5. Ada juga yang ga mikirin kameranya, pulang-pulang kamera sudah penuh dengan debu. Lensanya langsung wasalam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ternyata lensa kamera sensitif drbu ya gan? Saya pake kamdig biasa sih, bukan DSLR,..

      Hapus
  6. selamat malam sobat. daerah Ane untung saja nggak kena hujan abu sob. Izin nyimak artikel nya yang bermanfaat ini. Izin belajar juga ya sobat

    BalasHapus
  7. debu di mana-mana seperti hujan salju

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mas, sekarang sih udah bersih :)

      Hapus
  8. pasti gelap gulita ya mas pas hujan abu datang. hehehe soalnya sinar matahari ketutup sama abu vulkanik di lagit :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mbak, jadi kayak sore hari :D

      Hapus
  9. Wiiih.... :O

    Di tempat saya (Jogja) kurang lebih hujan abunya juga parah seperti itu....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jogja harusnya lebih parah dari tempat saya mas :D

      Hapus
  10. Iya mirip hujan salju mas, cuma agak kasar aja kayaknya..btw itu foto2 ngak pakai masker? aman gitu? wekeke

    BalasHapus
    Balasan
    1. kagak iya, tapi kasar mas, hehehe... ndak pake, makanya cuma bentar langsung masuk rumah, hehehe

      Hapus
  11. Samapi sekarang debu2 vulkanik gunung kelud di dalam kamar saya, belum dibersihin. Terutama perabot2nya. Masih malas. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha saya juga agak malas kalo debunya bejibun :D

      Hapus
  12. pasti gelap gulita ya mas saat ada hujan abu turun hmmm :)

    BalasHapus
  13. asik mas.. kaya salju walau gak asik juga ya kan itu efek bencana gunung meletus ^^

    BalasHapus
  14. itu kok kayak orbs gitu mas :o apa memang orbs ?

    BalasHapus
  15. oiya lupa boyolali kena juga yah .... maaf baru tahu bro ...

    BalasHapus

Copyright © 2015 Kisah Foto | a Tuxlin Blog Networks | Partner Laptophia Blog . .